nusabali

Dinas PKP Bangli Kembangkan Program Mina Padi

  • www.nusabali.com-dinas-pkp-bangli-kembangkan-program-mina-padi

BANGLI, NusaBali
Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli mengembangkan program mina padi di Subak Babahan Desa Tamanbali Kecamatan Bangli dan Kelompok Winangun Sari Desa Demulih Kecamatan Susut.

Kedua kelompok mendapatkan bantuan benih ikan nila dan pakan. Mina padi merupakan teknik budidaya yang dilakukan dengan menggabungkan penanaman padi dan pemeliharaan ikan dalam satu lahan.

Kadis PKP Bangli, I Wayan Sarma, mengatakan program mina padi untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan dan meningkatkan produktifitas lahan. Dalam program ini, Dinas PKP Bangli menyalurkan bantuan bibit ikan nila dan pakan. Satu penerima mendapatkan bibit ikan size 5-7 cm sebanyak 20 ribu ekor dan pakan 1,7 ton. “Tahun ini ada dua penerima yakni Subak Babahan Desa Tamanbali dan Kelompok Tani Winangun Sari Desa Demulih,” ungkap Wayan Sarma, Jumat (10/9).

Wayan Sarma menjelaskan, bibit ikan ditebar ketika umur padi 1 minggu. Ikan akan dipanen dua minggu sebelum padi dipanen. “Hasil panen ikan jadi milik subak atau kelompok tani. Harapan kami pola ini bisa berjalan secara berkesinambungan karena berdampak positif bagi petani,” harap pejabat asal Tembuku ini. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan program, salah satunya ketersediaan air dan punya kolam cadangan. Memastikan proram tepat sasaran, petugas mengawali dengan survei dan evaluasi. “Pasokan air lancar dan punya kolam cadangan. Jika air irigasi macet maka ikan bisa dialihkan ke kolam cadangan,” jelas Wayan Sarma. *esa

Komentar