nusabali

SMPN 4 Semarapura Raih Juara II FLS2N Tingkat Provinsi Bali

  • www.nusabali.com-smpn-4-semarapura-raih-juara-ii-fls2n-tingkat-provinsi-bali

SEMARAPURA, NusaBali
SMPN 4 Semarapura, Klungkung, berhasil meraih Juara II Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tahun 2021 tingkat Provinsi Bali.

Kejuaraan ini diumumkan pihak panitia, Kamis (10/9). Dalam lomba ini,  siswa SMPN 4 Semarapura mementaskan Tari Giri Cakra Amertha Bhuana. Kepala SMPN 4 Semarapura David Setiyanto mengatakan FLS2N tahun 2021 ini mengangkat tema Indonesia Pulih dan tema khusus untuk tari yaitu Menggapai Asa. Dalam lomba ini tarian yang dibawakan oleh SMPN 4 Semarapura berjudul Giri Cakra Amertha Bhuana. Penciptaan tarian ini terinspirasi dari kisah Pamuteran Gunung Mandara Giri dalam cerita Awatara ke-3 yaitu Kurma Awatara. Kisah tersebut menceritakan para Dewa dan Asura bekerja sama untuk mendapatkan Tirta Amerta (air keabadian). Berjuang dengan penuh harapan disertai dengan kekuatan rasa dan pikiran serta membangun rasa persatuan, segala angan atau keinginan menjadi modal acuan untuk mencapai tujuan.

"Itu yang selalu menyertai perjalanan kisah para Dewa dan Asura yang sangatlah gigih. Dengan asa, rasa, karsanya pencarian pun tidak sia-sia," ujar David, saat dihubungi Jumat (10/9).

Filosofi usaha pencarian Tirta Amerta ini sejalan dengan upaya para generasi muda untuk menjadi generasi yang tak pernah lelah mengejar apa yang diimpikan. "Apa yang dicita-citakan, apa yang diharapkan, dan menjadi generasi muda yang siap menyambut hari depan meski harus banyak mengalami rintangan," kata David.

Disebutkan, Lomba FLS2N tahun 2021 merupakan pertama bagi SMPN 4 Semarapura mengikuti pada ajang lomba menari. "Tentu membuat kami cukup terkendala dalam persiapan, baik dari pemilihan siswa hingga proses latihan yang cukup sulit bagi seorang penari pemula," ujar David.

Jelas dia, siswa selain mempelajari dan meresapi gerak-gerak tarinya, juga harus mengolah tubuh agar saat menari terlihat seperti penari profesional. Kesulitan lain juga didapatkan saat perekaman video, karena tiba-tiba turun hujan yang cukup lebat. "Namun itu semua berhasil kami tutupi dengan semangat membara untuk menjadi sekolah yang lebih unggul dari sebelumnya," kata David.

Kendati demikian, David optimis akan bisa tampil lebih optimal pada lomba berikutnya, dan prestasi ini menjadi daya tarik bagi seluruh siswa untuk lebih berprestasi dan tidak ragu dalam mengembangkan bakatnya. "Semoga awal yang cukup baik ini, membuat SMPN 4 Semarapura menjadi sekolah yang lebih unggul dan mampu bersaing dalam dunia pedidikan," kata David. *wan

Komentar