nusabali

Kwarda Pramuka Bali Roadshow Aksi Sosial Keliling Bali

  • www.nusabali.com-kwarda-pramuka-bali-roadshow-aksi-sosial-keliling-bali

DENPASAR, NusaBali
Kwarda (Kwartir Daerah) Gerakan Pramuka Bali menggelar aksi sosial dalam masa Pandemi Covid-19 dengan menyerahkan paket sembako yang langsung diterima oleh Ketua Kwarcab Kabupaten Klungkung di Kantor Kwarcab Klungkung, Kamis (9/9).

Aksi sosial ini sebagai bhakti kepada masyarakat di tengah Pandemi Covid-19. Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Bali, I Made Rentin mengatakan pada saat pandemi ini selain terus berbakti kepada masyarakat, Kwarda Gerakan Pramuka Bali komitmen tetap bisa memperhatikan kondisi internal. "Kwarda Bali mencoba untuk berbagi dengan sesama anggota pramuka," ujar Rentin.

"Khususnya kepada para sesepuh yang  pada masanya sudah berjuang mengabdikan diri untuk nusa dan bangsa, sesuai slogan ‘Berbakti Tiada Henti’. Maka dari itu, Kwarda Bali menyerahkan beberapa paket sembako khusus untuk sesepuh pramuka yang ada di Kwarcab Klungkung," ujar Kepala BPBD Bali ini.

Selain menyerahkan bantuan, beberapa minggu terakhir sebagai Ketua Kwarda Bali, Rentin telah melakukan roadshow ke beberapa Kwarcab untuk menerima keluh kesah, serta mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh masing-masing Kwarcab. "Kami telah roadshow untuk menyerap persoalan di bawah. Untuk kegiatan ini juga dijadikan ajang untuk bersilaturahmi dengan para sesepuh pramuka yang ada di masing-masing Kwartir Cabang," ujar birokrat asal Desa Werdhi Buana, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung ini.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Klungkung, yang sekaligus Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta, menyampaikan apresiasi kepada Kwarda Bali, karena di tengah pandemi yang sedang memuncak, Kwarda Bali masih sempat memperhatikan anggota, khususnya para sesepuh. Dia berharap, Kwarda Bali tidak berhenti sampai di sini, tetapi harus terus berkesinambungan.

"Banyak hal yang harus diperbaiki, karena Klungkung adalah satu Kabupaten termiskin di Bali, maka bantuan akan terus dibutuhkan. Tidak hanya kepada anggota pramuka tetapi seluruh masyarakat Klungkung, khususnya yang terdampak pamdemi Covid.19," ujar Kasta.

Sementara Sekretaris Kwarda Bali,  Nyoman Aryawan, mengatakan acara Ketua Kwarda Bali di Klungkung selain menyerahkan bantuan sebanyak 25 paket sembako juga menyerahkan Lencana Darma Bakti dari Kwarnas kepada salah satu andalan Pramuka Kwarcab Klungkung, yaitu Ida Bagus  Gede Ariada.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi sekaligus menyerahkan paket sembako kepada salah satu sesepuh pramuka asal Klungkung yang sekarang sudah madwijati dan bergelar Ida Sira Empu Dharma Kumala. Aryawan menjelaskan bahwa Ida Sira Empu Dharma Kumala semasa walaka bernama I Made Sujana SPd  yang terakhir bertugas di SMPN 3 Dawan dan sudah mengabdikan hidupnya dari tahun 1980-2008 sebagai Pembina Pramuka. *nat

Komentar