nusabali

Dua Tempat Isoter di Denpasar Kosong, Langsung Ditutup untuk Lokasi Isolasi

Isoter Akan Difokuskan di Hotel Kawasan Sanur

  • www.nusabali.com-dua-tempat-isoter-di-denpasar-kosong-langsung-ditutup-untuk-lokasi-isolasi

DENPASAR, NusaBali
Dua tempat isolasi terpusat (isoter) di Kota Denpasar ditutup karena sudah kosong. Penutupan dua tempat isoter tersebut lantaran sejak dua pekan terakhir, kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar mengalami penurunan.

Dengan penurunan kasus berdampak pada menurunnya tingkat keterisian di tempat isoter. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar I Dewa Gede Rai, Kamis (9/9), mengatakan dari 9 tempat isoter, 2 tempat sudah kosong. Dua tempat isoter yang sudah kosong yakni Balai Pelatihan Kesehatan Masyarakat (Bapelkesmas) Provinsi Bali di Jalan Bakung, Desa Penatih Dangin Puri, Kecamatan Denpasar Timur, dan salah satu hotel di Desa Sidakarya, Kecamatan Denpasar Selatan. Untuk Bapelkesmas memiliki kapasitas 56 bed dan hotel di Sidakarya memiliki kapasitas 184 bed.

Nantinya, menurut Dewa Rai, jika kasus terus melandai, tempat isoter akan difokuskan di hotel yang berada di kawasan Sanur. “Dengan kosongnya dua tempat isoter ini maka saat ini Denpasar masih memiliki tujuh (7) lokasi isoter,” ucap Dewa Rai.

Hotel di kawasan Sanur dipilih sebagai pusat isoter karena hotel di kawasan tersebut memiliki kapasitas bed yang banyak. Selain itu, juga akan mengurangi persebaran petugas baik dari petugas medis, Satpol PP, dan BPBD.

“Nanti kami fokuskan di tempat isoter yang berada di Sanur. Mungkin memanfaatkan dua atau tiga tempat isoter,” imbuh Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Denpasar ini.

Adapun jumlah bed isoter yang disiapkan di Denpasar sebanyak 1.476 bed, dan yang terpakai saat ini sebanyak 441 bed atau tinggal 30 persennya. Sehingga yang tersisa sebanyak 1.035 bed. Rinciannya yakni untuk di Bapelkesmas Provinsi Bali, dari 56 bed yang tersedia, terisi 0 bed. Untuk di Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Bali, dari 117 bed yang terisi sebanyak 5 bed.

“Salah satu hotel di Jalan Veteran dari kapasitas 122 bed masih terisi 3 pasien. Dan salah satu hotel di Kuta dari 199 bed masih tersisa 20 pasien,” kata Dewa Rai.

Sementara itu, satu hotel di Desa Sidakarya memiliki 184 bed, kini tak ada yang terisi. Isoter Werdhapura Sanur, dari 85 bed yang terisi 12 bed. Sementara salah satu hotel di Jalan Cokroaminoto, dari kapasitas 112 bed terisi 33 bed. Salah satu hotel di Sanur, Denpasar Selatan kapasitas 350 bed terisi 222 bed, dan salah satu hotel di Sanur yang memiliki kapasitas 244 bed terisi 146 bed. *mis

Komentar