nusabali

Wasit Disorot, Jacksen Minta Bersabar Saja

  • www.nusabali.com-wasit-disorot-jacksen-minta-bersabar-saja

JAKARTA, NusaBali
Usai laga pekan pertama Liga 1 2021/2022 digelar, sorotan terhadap kinerja wasit yang memimpin pertandingan tetap saja jadi sorotan tajam.

Ya, banyak suara sumbang mempertanyakan kualitas wasit yang memimpin pertandingan.  Namun pelatih Persipura Jayapura Jacksen Tiago memaklumi segala macam perubahan yang terjadi, termasuk persoalan wasit. Setelah kompetisi vakum lebih dari 1,5 tahun tentu berubah. Apalagi pandemi Covid-19 juga belum berakhir.

Jacksen meminta agar banyak pihak bersabar. Dia mengibaratkan wasit tak beda dengan pemain di lapangan yang juga beradaptasi dan belum menemukan sentuhan bola yang sesungguhnya.

"Kompetisi ini pasti berbeda dari sebelumnya. Apalagi tanpa penonton, digelar di tempat netral, dan cukup lama sudah vakum. Banyak orang menyoroti wasit. Kalau saya secara pribadi merasa wasit juga sudah 1,5 tahun tidak bekerja. Naluri atau feeling dia juga mungkin berbeda sekarang," ujar Jacksen Tiago.

"Sama seperti halnya pemain di depan gawang lawan tidak dapat mencetak gol. Mereka para wasit itu tidak berbeda dengan para pemain. Pelatih saja bisa salah analisa permainan," kata mantan pelatih Persebaya itu.

Jacksen menegaskan, semua itu hal yang lumrah terjadi, terutama karena kompetisi yang lama tidak bergulir. Pelatih asal Brasil itu pun menegaskan agar semua pihak bersabar dan menunggu semua kualitas sepak bola Indonesia kembali lagi seperti sedia kala.

"Banyak hal seperti itu akan terjadi. Maka dalam 2-3 bulan pertama, pasti kualitas sepakbola kita menurun. Satu hal yang jelas, kita pahami dulu. Banyak orang luar yang tidak memahami itu. Mereka hanya tahu bagaimana tim bagus harus menang," kata Jacksen Tiago *

Komentar