nusabali

Pengasuh Positif Covid-19, 57 Penghuni Panti Asuhan Dites Swab Antigen

  • www.nusabali.com-pengasuh-positif-covid-19-57-penghuni-panti-asuhan-dites-swab-antigen

NEGARA, NusaBali
Jajaran Satgas Penanganan Covid-19 Jembrana melaksanakan tes swab antigen terhadap 57 penghuni, termasuk anak-anak, di sebuah panti asuhan di Desa Blimbingsari, Kecamatan Melaya, Jembrana, Rabu (8/9).

Tes swab antigen secara massal ini dilakukan sebagai upaya tracing dan testing menyusul adanya salah satu pengasuh di panti asuhan setempat yang terkonfirmasi positif Covi-19, Selasa (7/9).

Pelaksanaan tracing sekaligus testing dari Puskesmas Melaya yang juga dikawal TNI/Polri di panti asuhan tersebut, dihadiri langsung Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Hasrifuddin Haruna, beserta Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa. Selain pengasuh maupun pengurus yayasan, tes swab antigen itu juga dilakukan terhadap para anak-anak di panti asuhan setempat.

Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Hasrifuddin Haruna mengatakan ada sebanyak 57 orang yang dites swab antigen di panti asuhan setempat. Tes swab antigen ini dilakukan sebagai tindaklanjut karena adanya salah satu pengasuh di panti asuhan setempat yang terkonfirmasi positif Covid-19. “Testing dilakukan kepada semua penghuni. Kita lakukan tracing dan testing untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Terutama di lingkungan panti asuhan setempat,” ucapnya.

Letkol Inf Hasrifuddin Haruna menambahkan, khusus untuk pengasuh yang terkonfirmasi positif Covid-19 pada Selasa (7/9) itu, sudah diisolasi di tempat isoter di Puskesmas I Melaya. Sementara dari hasil tes swab antigen terhadap 57 penghuni panti asuhan yang mayoritas adalah anak-anak pada Rabu kemarin, diketahui semuanya menunjukan hasil negatif Covid-19.

Meski telah dinyatakan negatif Covid-19 berdasar hasil tes swab antigen itu, Letkol Inf Hasrifuddin Haruna mengatakan, para penghuni panti asuhan setempat tetap diminta melakukan isolasi mandiri dan menjaga prokol kesehatan (prokes) secara ketat. Di mana untuk menguatkan hasil tracing maupun testing kasus positif Covid-19, juga akan dilakukan pengambilan sampel tes swab PCR dalam 5 hari ke depan. “Nanti semuanya dites swab PCR. Kita lakukan tes swab PCR untuk memastikan apakah mereka benar-benar negatif,” ujarnya. *ode

Komentar