nusabali

Istri Bupati Tabanan Aktif Jemput Bola Vaksinasi Disabilitas

  • www.nusabali.com-istri-bupati-tabanan-aktif-jemput-bola-vaksinasi-disabilitas

TABANAN, NusaBali
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabanan, Ny Rai Wahyuni turun ke lapangan mendatangi rumah-rumah para penyandang disabilitas di Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Tabanan, Rabu (8/9) pagi.

Kegiatan istri bupati ini guna mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan model jemput bola bagi penyandang disabilitas di Tabanan,

Kegiatan itu sebagai langkah lanjutan dari pelaksanaan percepatan vaksinasi bagi penyandang disabilitas umur 18 tahun ke atas. Vaksinasi ini dilaksanakan serentak di Kabupaten/Kota se-Bali. Di Tabanan, target menyelesaikan vaksinasi bagi 1.744 penyandang disabilitas sampai 10 September 2021, khusus vaksinasi dosis pertama.

Ketua Tim Penggeraknya PKK Tabanan Ny Rai Wahyuni mengatakan model jemput bola pelayanan vaksinasi bagi penyandang disabilitas harus dilakukan. Sebab gerak aktivitas mereka sangat terbatas jika dibawa ke fasilitas vaksinasi massal akan sangat menyulitkan. "Untuk itu, agar pelayanan vaksinasi merata Pemkab Tabanan putuskan jemput bola," terangnya.

Kepala Dinas Kesehatan Tabanan dr Nyoman Suratmika menambahkan, kegiatan percepatan vaksinasi bagi disabilitas ini telah dilakukan secara berkelanjutan sejak 4 September 2021. Sampai saat ini jumlah disabilitas yang divaksin mencapai 1.400 orang. “Mudah-mudahan vaksin pertama untuk 1.744 penyandang disabilitas sampai 10 September ini, bisa tercapai,” harapnya.

Dia juga menjelaskan bahwa hambatan untuk percepatan vaksinasi untuk disabilitas ini adalah jarak dan keterbatasan mereka menuju ke tempat yang disediakan. Para disabilitas terdiri dari orang-orang tuna netra, cacat fisik, bisu, tuli, sampai ODGJ yang susah diajak ke tempat yang disediakan untuk vaksin. ‘’Untuk itu, Ibu Bupati mengajak kita beserta tenaga medis jemput bola ke rumah masing-masing penyandang disabilitas guna mempercepat vaksinasi,” tambahnya. *des

Komentar