nusabali

Messi Pergi, Pemain Barcelona Lebih Bebas

  • www.nusabali.com-messi-pergi-pemain-barcelona-lebih-bebas

Kepergiaan Messi akan memberikan keleluasaan lebih besar untuk sejumlah pemain Barcelona.

BARCELONA, NusaBali
Lionel Messi meninggalkan Barcelona musim panas ini setelah kontraknya gagal diperbarui. Krisis finansial bikin manajemen Blaugrana tak mampu membayar gaji Messi, meski ia sudah bersedia gajinya dipotong. Messi akhirnya bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG).Antoine Griezmann menyusul kepergiannya di hari terakhir bursa transfer dengan pulang ke Atletico Madrid. Barcelona kini punya Memphis Depay, Ansu Fati, hingga Ousmane Dembele untuk mencoba mengisi posisi yang ditinggalkan Messi.

Pelatih Bayern Munich, Julian Nagelsmann, memperkirakan kepergiaan Messi akan memberikan keleluasaan lebih besar untuk sejumlah pemain Barcelona. Sebagai catatan, Barcelona akan menjadi lawan pertama Bayern di fase grup Liga Champions musim ini.

Keduanya tergabung di Grup E bersama Benfica dan Dinamo Kiev. "Seorang pemain besar sudah pergi, seseorang yang menaruh jejaknya di klub selama bertahun-tahun. Messi punya pengaruh besar di dalam dan luar lapangan, juga di ruang ganti," ungkap Nagelsmann."Kepergian Messi membuat saya berpikir bahwa akan ada pemain-pemain yang sekarang akan lebih terbebaskan, mengisi posisi-posisi yang dulu dia tempati. Dia pemain kelas dunia yang tahu bagaimana caranya menentukan laga sendirian. Tim manapun lebih baik dengan Messi ketimbang tanpanya," tambah pria Jerman tersebut.

Sementara itu, Paris Saint-Germain (PSG) dijagokan bakal menjadi juara Liga Champions usai merekrut Lionel Messi. Namun, legenda sepakbola Brasil, Ronaldo, menilai itu belum tentu akan terjadi. PSG mendatangkan Messi pada musim panas ini. Kedatangan Messi membuat PSG digadang-gadang jadi kandidat kuat juara Liga Champions musim ini.

Messi berpengalaman membawa Barcelona juara Liga Champions sebanyak empat kali. Selain itu, kehadiran Messi juga membuat PSG punya makin banyak pemain bintang. Les Parisiens yang sudah punya Neymar dan Kylian Mbappe itu kini juga diperkuat oleh Sergio Ramos, Gianluigi Donnarumma, dan Achraf Hakimi.

Meski demikian, Ronaldo menilai skuad bertabur bintang bukan jaminan bagi PSG untuk jadi juara Liga Champions. Mantan striker Inter Milan itu mencontohkan Real Madrid di eranya. Ronaldo sempat jadi bagian dari skuad Los Galacticos Madrid yang diperkuat Zinedine Zidane, Luis Figo, Roberto Carlos, sampai David Bekcham.

Namun, Ronaldo justru belum pernah juara Liga Champions bersama Los Galacticos. "Masih terlalu awal untuk mengatakan siapa yang akan juara Liga Champions," ujar Ronaldo kepada DAZN seperti dilansir Marca. "Semua akan mulai kelihatan di babak perempatfinal. PSG ada di posisi terdepan, tapi bicara dan main itu beda."

"Ada banyak faktor yang memengaruhi hasil di lapangan. Saya membela Real Madrid selama hampir lima tahun di tim Galacticos, dan saya tidak pernah juara Liga Champions," katanya. Menurut Ronaldo, gelar juara harus diperjuangkan. Di Liga Champions 2021/2022, PSG tergabung di Grup A bersama Manchester city, RB Leipzig, dan Club Brugge. *

Komentar