nusabali

Jaring 13 Orang, 10 Belum Lanjutkan Vaksinasi Dosis II

  • www.nusabali.com-jaring-13-orang-10-belum-lanjutkan-vaksinasi-dosis-ii

NEGARA, NusaBali
Sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19, pihak Polres Jembrana bersama Satpol PP Jembrana terus menggencarkan upaya razia protokol kesehatan (prokes) dan kartu vaksin Covid-19.

Dalam razia akhir-akhir ini, diketahui sudah banyak warga yang telah melaksanakan vaksinasi dosis I. Namun beberapa warga yang seharusnya melanjutkan vaksinasi dosis II, belum mengikuti vaksinasi dosis II sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Seperti terungkap dalam razia yang kembali digelar di depan Mapolres Jembrana, Jalan Pahlawan, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, Selasa (7/9). Dalam razia yang digelar selama 2 jam mulai pukul 10.00 Wita hingga 12.00 Wita itu, petugas menjaring 13 orang yang belum divaksin. Dari 13 orang itu, ada 3 orang yang belum sama sekali mengikuti vaksinasi, dan 10 orang yang belum melanjutkan vaksinasi dosis II.

Kepala Satpol PP Jembrana I Made Leo Agus Jaya, Selasa kemarin, mengatakan, razia prokes dan kartu vaksin Covid-19 ini hampir setiap hari dilaksanakan Satpol PP bersama jajaran Polres Jembrana. Selain melalui tim di kabupaten, razia prokes dan kartu vaksin Covid-19 ini juga dilaksanakan melalui tim gabungan Satgas Penanganan Covid-19 kecamatan maupun desa/kelurahan. “Jadi di samping prokes, khususnya penggunaan masker, kita juga lakukan pengecekan kartu vaksin. Bagi yang belum divaksinasi, langsung diarahkan vaksinasi di tempat,” ucap Leo.

Menurut Leo, dari hasil evaluasi razia, kesadaran masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 sudah meningkat. Namun vaksinasi yang sudah dilaksanakan itu, baru vaksinasi dosis I. Tidak sedikit warga yang sudah menjalani vaksinasi dosis I, dan harusnya melanjutkan vaksinasi dosis II, tetapi yang bersangkutan belum melanjutkan vaksinasi dosis II. “Karena itu, kami juga cek status vaksinasinya. Kalau baru vaksin dosis I, dan ternyata sudah seharusnya melanjutkan vaksinasi dosis II, kita arahkan ke tempat vaksinasi,” imbuh Leo.

Dalam razia di depan Mapolres Jembrana kemarin, selain 13 orang yang belum divaksinasi, juga sempat ditemukan 5 orang yang tidak membawa kartu vaksin. Namun setelah dicek petugas di tempat layanan vaksinasi Covid-19 di Polres Jembrana, kelima orang yang tidak membawa kartu vaksin itu, dipastikan sudah menjalani vaksinasi dosis I dan II. “Jadi yang tidak bawa kartu vaksin, walaupun mengatakan sudah divaksin lengkap, bisa cek. Kita pastikan. Kalau memang sudah divaksinasi lengkap, dipersilakan melanjutkan perjalanan,” ucap Leo.

Sedangkan terkait kepatuhan prokes, sambung Leo, kini sudah semakin meningkat. Sebelumnya, tidak sedikit pengguna jalan yang masih ditemukan menggunakan masker di dagu. Tetapi belakangan ini, warga yang ditemui beberapa lokasi razia sudah tertib menggunakan masker dengan benar. “Tujuan dari kegiatan razia itu, sebenarnya adalah untuk kebaikan masyarakat sendiri. Agar mematuhi prokes dan melaksanakan vaksinasi untuk mencegah penyebaran Covid-19. Dan kita semua tentunya berharap pandemi bisa segera berlalu,” kata Leo. *ode

Komentar