nusabali

Terhalang Sarana dan Prasarana, Soft Opening Monkey River Kemenuh Diundur

  • www.nusabali.com-terhalang-sarana-dan-prasarana-soft-opening-monkey-river-kemenuh-diundur

GIANYAR, NusaBali.com –  Rencana dibukanya daya tarik wisata Monkey River Kemenuh pada Agustus 2021 harus tertunda. Bukan sekadar karena diberlakukannya PPKM Level 4 di Kabupaten Gianyar,  melainkan karena ketidaksiapan sarana dan prasarana.

“Soft opening Monkey River Kemenuh diundur dan akan ditata kembali. Nanti akan saya rancang kembali padat karya tunai desa di tahun 2022,” jelas Perbekel Desa Kemenuh,  I Dewa Nyoman Neka, Selasa (7/9/2021).

Kemenuh Monkey River sendiri sudah dilakukan penataan, seperti pengadaan lampu penerangan, papan penunjuk arah, dan papan tata tertib pengunjung. “Sarana dan prasarana tersebut diberikan oleh adik-adik Politeknik Negeri Bali yang KKN bulan Juli 2021 lalu,” ujar I Dewa Nyoman Neka.

I Dewa Nyoman Neka pun mengatakan bahwa Monkey River Kemenuh akan segera memiliki patung icon tempat wisata pada akhir tahun 2021. “Nanti akan ada patung monyet yang menjadi ikon wisata, semoga dapat segera diadakan. Selain itu sarana dan prasarana terutama akses atau jalan, juga akan terus digarap perlahan,” ujarnya.

Sementara itu Bendesa Adat Desa Kemenuh, Ida Bagus Alit mengatakan bahwa konsep Tri Hita Karana pada Monkey River Kemenuh harus diterapkan, agar terciptanya sebuah investasi jangka panjang, yang bermanfaat bagi masyarakat Desa Kemenuh, dan para generasi penerus desa. “Konsepnya wisata integritas, nanti direncanakan akan ada wisata religi karena ada Pura Dalem dan Pura Beji, lalu ada wisata alam yang menonjolkan satwa monyet, serta keasrian lingkungannya, lalu ada wisata budaya yang nantinya direncanakan akan ada sebuah pertunjukkan seni budaya. Seperti itu rancangannya,” ujarnya.

I Dewa Nyoman Neka pun berharap, agar Monkey River Kemenuh dapat segera memiliki sarana dan prasarana yang memadai, agar memenuhi standar untuk beroperasi sebagai sebuah objek wisata. “Semoga pandemi segera berakhir, agar aktivitas masyarakat terutama dalam hal berwisata dapat berjalan normal kembali,” harapnya.

Perlu diketahui sebelumnya pada 3 Juli 2021, Bendesa Adat Desa Kemenuh Ida Bagus Alit, bersama Ketua Pasraman Desa Kemenuh, Sekretaris Desa Kemenuh dan bersama warga lainnya telah mengadakan persiapan soft opening yang direncanakan pada bulan Agustus 2021. Namun rencana soft opening tersebut akhirnya ditangguhkan dikarenakan terkendala sarana dan prasarana yang ada di Monkey River Kemenuh. *rma

Komentar