nusabali

25 Pelaku UMKM Mendapatkan Diklat

  • www.nusabali.com-25-pelaku-umkm-mendapatkan-diklat

SEMARAPURA, NusaBali
25 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sektor kuliner di Klungkung mengikuti Diklat Sumber Daya Manusia (SDM) Usaha Mikro Dalam I (Satu) Daerah Kabupaten/Kota Angkatan II di Kabupaten Klungkung Tahun 2021.

Diklat digelar di Meeting Room Bakas Levi Refting, Desa Bakas, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Senin (6/9).

Diklat dibuka Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Hadir, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Klungkung I Wayan Ardiasa. Narasumber dari kalangan pelatihan usaha, antara lain Bussiness Development Services Indonesia (BDSI) Tjokorda Istri Agung Widyawati, dan lainnya.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Klungkung I Wayan Ardiasa mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ruang kepada pelaku UMKM dalam meningkatkan kapasitas usaha. Diklat ini juga memberikan solusi atas permasalahan usaha, membuka peluang kemitraan, saling mempromosikan produk, meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri dalam berusaha. Diklat dilaksanakan empat hari, mulai 6 - 9 September 2021, dengan 25 peserta dari sektor kuliner.

Bupati Suwirta mengatakan, meskipun saat ini masih pendemi Covid-19, para pelaku usaha diharapkan bisa menangkap peluang bisnis melalui media sosial. "Dimasa pendemi Covid-19 ini manfaatkanlah media sosial (medsos) untuk memromosikan produk-produk kepada masyarakat," ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta juga meminta agar seluruh peserta bisa mengikuti kegiatan pelatihan dengan sungguh-sungguh. Inovasi dalam menangkap peluang juga harus ditingkatkan. Terpenting, pintar membaca situasi di lapangan. "Ikuti kegiatan ini dengan sunguh-sungguh, tumbuhkan jiwa wirausaha dalam diri masing-masing untuk menekuni dunia usaha," harap Bupati Suwirta. *wan

Komentar