nusabali

PTM di Klungkung Tunggu PPKM Turun Level

  • www.nusabali.com-ptm-di-klungkung-tunggu-ppkm-turun-level

SEMARAPURA, NusaBali
Dinas Pendidikan (Disdik) Klungkung tengah menunggu penurunan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari level IV menjadi level lebih rendah.

Harapan ini menyusul pemenuhan keinginan para siswa tau orangtua wali murid agar sekolah menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), setidaknya terbatas.

"Kami masih menunggu hingga Selasa (7/9) terkait perpanjangan PPKM, apakah sudah turun level atau belum," ujar Kepala Dinas Pendidikan Klungkung I Ketut Sujana, saat dihubungi pada Senin (6/9).

Jelas dia, apabila terjadi penurunan level PPKM dari level IV menjadi level III atau lebih bawah lagi, maka Disdik Klungkung akan langsung bersurat kepada Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19. Tujuannya, untuk mohon izin penerapan PTM di masing-masing sekolah. "Secara prinsip, semua sekolah SD dan  SMP di Kabupaten Klungkung sudah siap menerapkan PTM," tegas Sujana.

Namun, jelas dia, jika PTM di tengah pandemi Covid-19 diterapkan, tentu merupakan PTM terbatas. Yakni, jumlah siswa dalam satu rombel akan dibagi menjadi dua shift dan  tidak ada dagang di kantin yang buka. "Saat PTM terbatas siswa juga belajar tidak full maksimal 3 jam," kata Sujana.

Dia mengatakan, untuk vaksinasi terhadap siswa dalam PTM memang tidak diwajibkan.  namun untuk guru baru wajib untuk harus sudah divaksin. Hal ini mengacu berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri, yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri. "Saat ini semua guru sudah divaksin, sedangkan untuk siswa dalam tahap vaksinasi dosis kedua," jelasnya.

Sebelumnya, kendatipun pencapaian vaksinasi sudah tinggi, hingga saat ini PTM belum bisa dilaksanakan. Karena Klungkung saat ini masih PPKM Level IV. "Kita tentu sangat merindukan PTM. Namun harus tetap waspada akan kesehatan dan keselamatan bersama melalui disiplin prokes," kata Sujana.*wan

Komentar