nusabali

PPKM, Test Antigen Awak Logistik Gratis

  • www.nusabali.com-ppkm-test-antigen-awak-logistik-gratis

Rata-rata per hari ada 80 orang awak angkutan logistik yang memanfaatkan layanan rapid test antigen gratis di UPPKB Cekik, Gilimanuk.

NEGARA, NusaBali

Sejak diterapkannya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Jawa-Bali hingga beberapa kali perpanjangan, layanan rapid test antigen untuk awak kendaraan logistik melalui lintasan penyeberangan Pelabuhan Ketapang – Gilimanuk tetap digratiskan. Khusus di Gilimanuk, layanan rapid test antigen gratis bagi awak kendaraan logistik yang akan menyeberang ke Jawa, disediakan di Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Cekik, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana.

Koordinator UPPKB Cekik I Made Arya, mengatakan layanan rapid test antigen gratis bagi awak kendaraan logistik selama PPKM Jawa-Bali, difasilitasi langsung pihak Kementerian Perhubungan. Selain untuk memastikan para awak kendaraan logistik mengikuti aturan protokol kesehatan (prokes) untuk pelaku perjalanan, layanan rapid test antigen gratis ini, juga bertujuan meringankan biaya operasional pengangkutan logistik. “Masih gratis. Ini tetap jalan sejak awal PPKM sampai saat ini,” ujar Arya, Senin (6/9).

Namun, Arya menjelaskan, layanan rapid test antigen gratis bagi awak logistik ini tidak dibuka 24 jam. Tetapi hanya dibuka mulai pukul 08.00 Wita sampai 20.00 Wita. Tenaga yang disiapkan untuk melayani rapid test antigen gratis ini, juga langsung dari pusat. Untuk satu kendaraan logistik, juga dibatasi rapid test antigen gratis untuk dua orang.

“Ya hanya dua orang, sopir dan kernet. Setiap mencari rapid test antigen ke sini, wajib membawa kendaraan, STNK, dan KTP. Jadi rapid test antigen gratis ini, hanya khusus untuk kendaraan logistik. Di luar itu, tidak dilayani,” ucap Arya.

Arya mengatakan, belum dapat memastikan sampai kapan akan diberlakukan layanan rapid test antigen gratis bagi awak kendaraan logistik tersebut. Hal itu ditentukan oleh pusat yang langsung menyediakan alat rapid test antigen berikut tenaga kesehatan. Selain di Gilimanuk, untuk layanan rapid test antigen gratis bagi awak logistik yang akan menyeberang ke Bali, juga disediakan di Ketapang, Banyuwangi.

Dalam sehari, kata Arya, rata-rata ada 80 orang awak angkutan logistik yang memanfaatkan layanan rapid test antigen gratis di UPPKB Cekik, Gilimanuk. Para awak logistik lintas Jawa-Bali yang hendak mencari rapid test antigen gratis, juga sudah mengetahui jam layanan yang hanya dibuka 08.00 Wita sampai pukul 20.00 Wita. “Kalau prosedur jika ada yang positif, sama seperti layanan rapid test antigen umumnya. Apabila ada yang positif, akan diserahkan ke pihak Satgas Covid-19 asalnya. Diserahkan ke daerah asal sesuai KTP,” kata Arya. *ode

Komentar