nusabali

Puluhan Pelamar Guru Kontrak Gagal

  • www.nusabali.com-puluhan-pelamar-guru-kontrak-gagal

Sebanyak 70 pelamar tidak lulus seleksi administrasi. Namun pelamar yang lulus ke tahap berikutnya, banyak yang kesulitan fasilitas khususnya laptop.

AMLAPURA, NusaBali

Sebanyak 70 dari 1.204 pelamar guru kontrak dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi. Berarti yang berhak mengikuti tes lanjutan sebanyak 1.134 pelamar. Tantangan berikutnya, sejumlah pelamar yang akan ditempatkan sebagai guru kelas dan guru penjaskes (pendidikan jasmani dan kesehatan),  itu mengaku kesulitan fasilitas untuk mengikuti tes praktik.

Sebab dari kasak-kusuk pelamar yang datang melihat pengumuman kelulusan syarat administrasi, banyak pelamar mengaku belum punya laptop. Hal itu terungkap saat pengumuman kelulusan syarat administrasi di kantor Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem, Jumat (13/1). Sebanyak 70 pelamar yang gagal memenuhi syarat administrasi, adalah pelamar guru penjaskes sebanyak 15 orang. Sehingga pelamar untuk guru oenjaskes tersisa 223 orang dari total pelamar sebanyak 238 orang.

Sedangkan pelamar guru kelas yang gagal sebanyak 55 orang, sehingga tersisa 911 pelamar, dari keseluruhan pelamar sebanyak 966 orang.

Sedangkan yang tersedia 300 kuota, masing-masing untuk guru kelas 215 orang dan guru penjaskes sebanyak 85 orang.

Selanjutnya pelaksanaan tes praktik dan tulis pada Selasa (17/1). Tes tulis dan praktik digelar di tiga tempat, yakni, di SMPN 1 Amlapura, SMPN 2 Amlapura, dan SMPN 5 Amlapura.

Wakil Ketua Panitia I Gusti Ngurah Kartika menegaskan, setiap peserta yang lulus syarat administrasi wajib membawa laptop yang baterainya telah di-charge, serta membawa flash disk. “Sebab, selain tes tulis, ada tes praktik dengan memperlihatkan tata cara mengajar di laptop masing-masing,” jelasnya.

Bagi peserta yang tak bawa laptop, menurut Gusti Kartika, otomatis gugur di tes tulis dan praktik. Sebab, penilaian juga diambil dari hasil praktik, selain melalui tes tulis, wawancara, dan masa pengabdian selama mengajar di sekolah masing-masing yang dibuktikan membawa surat keterangan.

Gusti Kartika menambahkan, pengumuman hasil tes praktik dan tulis, Jumat (20/1). Tes berikutnya, wawancara pada 23-25 Januari. Pengumuman terakhir, peserta yang dinilai memenuhi syarat lulus dan diterima sebagai guru kontrak, akan diumumkan pada Jumat (27/1). * k16

Komentar