nusabali

SNI untuk Rokok Lagi Digodok

  • www.nusabali.com-sni-untuk-rokok-lagi-digodok

JAKARTA, NusaBali
Badan Standardisasi Nasional (BSN) merumuskan standar bagi produk hasil pengolahan tembakau lainnya (HTPL) seiring dengan bertambahnya ragam produk yang berkembang.

Hal itu dilakukan agar para pelaku usaha memiliki acuan dalam pembuatan produk HPTL yang sesuai dengan Standardisasi Nasional Indonesia (SNI) demi memberikan perlindungan terhadap konsumen.

Direktur Pengembangan Standar Agro, Kimia, Kesehatan, dan Halal, Badan Standardisasi Nasional (BSN) Wahyu Purbowasito menjelaskan, SNI tersebut sudah dirampungkan bersama Kementerian Perindustrian untuk produk tembakau yang dipanaskan (heated tobacco product).

SNI tersebut tertuang dalam Keputusan Kepala Badan Standardisasi Nasional Nomor 63/KEP/BSN/3/2021 tentang Penetapan Standar Nasional Indonesia 8946:2021 Produk Tembakau yang dipanaskan.

"Sudah dirumuskan untuk SNI HTP," ujar Wahyu dalam keterangan tertulis yang dikutip detikcom, Minggu (5/9).

Sementara itu, untuk produk HPTL lainnya seperti rokok elektrik, BSN masih melakukan penggodokan aturan. Wahyu mengungkapkan, fokus utamanya adalah standardisasi bagi cairan rokok elektrik. "Sekarang e-liquid sedang dalam konsep. Ada juga usulan untuk chewing tobacco," katanya.

Wahyu melanjutkan, standardisasi bagi produk-produk HPTL dilakukan untuk memastikan bahwa produk-produk yang beredar di Indonesia sesuai dengan spesifikasi pada SNI. Dengan demikian, konsumen bisa terlindungi dari potensi risiko akibat produk yang tidak memenuhi regulasi.

"Jika tidak ada standar, maka tidak akan terkendali bahan apa yang dimasukkan ke dalam produk tersebut. Bahkan bisa jadi produk yang dilarang pun jadi sulit untuk dikendalikan," jelasnya.

Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Rizal E. Halim menambahkan, dengan adanya lisensi SNI, masyarakat memiliki acuan untuk mengambil keputusan dalam membeli suatu produk. "Karena membeli barang tanpa ada SNI-nya, yang sebenarnya sudah diatur, tentunya berisiko bagi mereka, jika dibandingkan dengan membeli barang yang SNI," kata Rizal.

Merujuk Undang Undang Nomor 20 Tahun 2014 Tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian tujuan SNI adalah memberikan perlindungan terhadap konsumen, selain untuk menjamin perdagangan yang adil dan meningkatkan daya saing. *

Komentar