nusabali

Ronaldo Pergi, Juventus Matangkan Formasi Baru

  • www.nusabali.com-ronaldo-pergi-juventus-matangkan-formasi-baru

TURIN, NusaBali
Pelatih Juventus Massimiliano Allegri menyiapkan wajah baru Juventus usai ditinggalkan Cristiano Ronaldo kembali ke Manchester United (MU). Allegri pun sedang mematangkan taktik dan formasi baru, dengan memberikan peran baru kepada Federico Chiesa.

Tanpa Ronaldo, Juventus menjalani laga pertamanya dengan hasil buruk. Si Nyonya Tua kalah 0-1 dari Empoli pada pekan ke-2 Serie A. Pada laga ini, Juventus tampil dengan formasi 4-3-3. Kini, usai Ronaldo tidak menjadi bagian skuad Juventus, Allegri akan menanggalkan formasi 4-3-3 yang menjadi rencana utamanya.

Dikutip bola.net dari Corrierre dello Sport, Juventus akan kesulitan jika tetap memakai 4-3-3. Allegri sendiri sudah menyadarinya dan punya rencana baru. Kini Allegri punya dua formasi yang akan dimatangkan yakni 4-4-2 dan 3-5-2.  Allegri akan memakai dua penyerang tengah, dengan Paulo Dybala sebagai pilihan utama.

Alvaro Morata sebenarnya sangat cocok berperan sebagai penyerang tunggal pada formasi 4-2-3-1 atau penyerang tengah pada formasi 4-3-3. Morata juga bisa bermain dalam formasi 4-2-2. Tapi, Morata tidak masuk rencana utama Allegri.

Alih-alih menduetkan Morata dengan Dybala, Allegri akan mengubah peran Federico Chiesa (23 tahun), yakni tidak akan jadi penyerang sayap atau winger, tapi akan bermain lebih ke dalam.

Allegri juga tidak meragukan kemampuan Giorgio Chiellini dan akan memberi peran penting bagi bek vetaran itu. Allegri cenderung memakai formasi tiga bek untuk memaksimalkan pemain yang ada yakni Matthijs de Ligt, Giorgio Chiellini, dan Leonardo Bonucci.  Sedangkan Dejan Kulusevski dan Juan Cuadrado menjadi bek sayap bersama Alex Sandro.

Allegri tidak punya banyak waktu untuk menguji taktik barunya. Namun jeda internasional membuat para pemain yang masuk dalam rencana utama Allegri tidak ambil bagian pada sesi latihan teknis dengan maksimal. *

Komentar