nusabali

Bantu Pupuk Berkualitas ke Petani Subak di Ayunan

Ketua DPRD Badung Putu Parwata Dorong Peningkatan Hasil Pertanian

  • www.nusabali.com-bantu-pupuk-berkualitas-ke-petani-subak-di-ayunan

MANGUPURA, NusaBali
Ketua DPRD Badung Putu Parwata menyerahkan bantuan pupuk Green Fertilizer ke petani di Desa Ayunan, Kecamatan Abiansemal. Bantuan diserahkan secara simbolis di kediamannya di Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Sabtu (4/9).

Pemberian pupuk ini sebagai dukungan Putu Parwata untuk menjadikan petani tuan di rumahnya sendiri dengan hasil produksi yang melimpah. Pupuk seberat delapan kuintal tersebut dibagi-bangi untuk para petani Subak Ayunan. Putu Parwata menjelaskan, pupuk tersebut adalah pupuk yang dibuatnya sendiri. “Pupuk ini adalah pupuk yang bisa membantu petani memproduksi lebih banyak hasilnya. Satu hektar menghasilkan biasanya 6 ton. Nah, dengan penggunaan pupuk ini bisa menghasilkan minimal 12 ton. Jadi kenaikannya hampir 100 persen,” jelasnya.

Politisi PDIP asal Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara ini melanjutkan, penyerahan bantuan pupuk ini sesuai dengan apa yang menjadi fokus Pemerintah Kabupaten Badung untuk senantiasa meningkatkan perekonomian di Kabupaten Badung. “Jadi secara ekonomi Badung ini harus terus bangkit, harus tumbuh. Walaupun pandemi Covid-19 dan pariwisata tidak berjalan sesuai harapan, maka kita akan dorong UMKM dan pertanian,” ujar Parwata usai menyerahkan bantuan.

Sebagai Ketua DPRD Badung, dirinya ingin mendorong perekonomian Badung tetap tumbuh sesuai perintah DPP PDI Perjuangan yang mewajibkan untuk bergotong royong membantu masyarakat. Karena itu, pihaknya membuat beberapa skenario untuk mendukung kemajuan ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19. “Salah satu di antaranya penyerahan sepeda motor untuk masyarakat, kemudian kami membuat aplikasi Bago untuk pertumbuhan ekonomi kerakyatan di setiap desa. Begitu juga pertaniannya akan kita didorong untuk bangkit lebih baik lagi,” kata Sekretaris DPC PDIP Badung ini.

Sementara itu Perbekel Ayunan Wayan Kumara, didampingi Pekaseh Ayunan Ketut Parwata, Ketua Koperasi Merta Bumi Sari Ketut Sinar Jaya serta Ketua BPD Ayunan Ketut Gede Suwitra, menyampaikan terima kasih atas bantuan pupuk yang diberikan Ketua DPRD Badung Putu Parwata, untuk peningkatan hasil pertanian. Bantuan pupuk ini, kata Wayan Kumara, akan dipakai pada demplot pertanian padi seluas 10 hektar. “Ke depan akan dilanjutkan secara bertahap, sesuai dengan perkiraan hasil yang akan kami dapatkan dua kali lipat dari hasil pertanian sebelumnya,” jelasnya. *ind

Komentar