nusabali

Pinjaman PEN Segera Turun

  • www.nusabali.com-pinjaman-pen-segera-turun

BANGLI, NusaBali
Pengajuan pinjaman dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Pemkab Bangli sebesar Rp 75 miliar dipastikan cair dalam waktu dekat.

Pinjaman lewat PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) ini untuk pembangunan gedung RSU Bangli. Sementara itu, manajemen RSU Bangli sudah melakukan persiapan pembangunan.  Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bangli, Putu Ganda Wijaya mengatakan Pemkab Bangli mengajukan pijaman Rp 75 miliar di PT SMI. Mengakses pinjaman melalui proses cukup panjang. Pertama, Pemkab Bangli mengajukan surat minat yang ditujukan ke Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan RI. Selanjutnya melakukan kajian lewat ratek dan rapim antara DJPK dan PT SMI. “Setelah dikaji, tinggal penandatanganan perjanjian pinjaman,” jelas Putu Ganda, Minggu (5/9).

Menurut Putu Ganda, jika tidak ada halangan, minggu ini penandatanganan perjanjian antara Pemkab Bangli dengan PT SMI. “Setelah itu dana dicairkan,” ungkap Putu Ganda. Sementara managemen RSU Bangli melakukan berbagai persiapan. Salah satunya membuka kembali pintu gerbang utama RSU Bangli yang hampir belasan tahun ditutup. Wadir Sarana Prasarana RSU Bangli, dr Wayan Pariasta mengatakan, untuk kenyamanan pengunjung maka pintu gerbang utama yang selama ini ditutup dibuka lagi. Nantinya pintu utama sebagai akses masuk kendaraan.

Areal parkir memanfaatkan lahan RSJ yang telah dihibahkan seluas 86 are. Akses keluar kendaraan memanfaatkan jalan milik warga di sebelah selatan RSU. Pintu keluar yang ada saat ini digunakan khusus kendaraan proyek. “Sebelum difungsikan untuk akses pintu keluar kendaraan, kami awali dengan pengerasan badan jalan,” jelas dr Wayan Pariasta. *esa

Komentar