nusabali

6 Warga Klungkung Terpapar Covid-19 Diantar Jalani Isoter

  • www.nusabali.com-6-warga-klungkung-terpapar-covid-19-diantar-jalani-isoter

SEMARAPURA, NusaBali
Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Klungkung kembali mengantar 6 warga terpapar Covid-19, untuk menjalani isolasi terpusat (isoter) pada salah satu hotel di Denpasar, Sabtu (4/9) sore.

Enam warga tersebut diantar menuju tempat isoter setelah pelacakan oleh petugas gabungan TNI-Polri dan Dinas Kesehatan. Mereka dikumpulkan terlebih dahulu di GOR Swecapura, Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung, kemudian bersamaan diantar menuju tempat isoter menggunakan bus.

Untuk saat ini peningkatan kasus Covid-19 masih terjadi di Klungkung. Setidaknya hingga Jumat (3/9) pukul 21.00 Wita, kasus Covid-19 di Klungkung secara akumulatif mencapai 3.780 orang, dalam perawatan 226 orang, sembuh 3.421 orang, dan meninggal dunia 149 orang.

Kapolres Kungkung AKBP I Made Dhanuardana, mengatakan pihaknya melakukan pendekatan secara persuasif untuk mengajak warga yang awalnya isolasi mandiri (isoman) agar mau isoter. “Isoter ini merupakan salah satu upaya mencegah penyebaran Covid-19,” kata AKBP Dhanuardana.

Hal ini juga mempercepat penanganan pasien yang bersangkutan dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat isoman. Karena di lokasi isoter sudah ada petugas medis yang siaga. “Mereka sudah berhasil dibujuk tim untuk menjalani isolasi terpusat di hotel,” ujar AKBP Dhanuardana.

Dalam hal ini TNI-Polri dan Pemkab Klungkung membentuk tim untuk melakukan pelacakan warga yang terpapar Covid-19 maupun kontak erat dengan pasien positif di setiap daerah. Jika ada warga yang menjalani isolasi mandiri, maka tim langsung membantu proses evakuasi ke isoter. “Apabila tidak dipindahkan akan rentan sekali menularkan ke warga yang sehat,” tutur AKBP Dhanuardana. *wan

Komentar