nusabali

Sidak Prokes di Pasar, Sejumlah Pedagang dan Pengunjung Ditegur

  • www.nusabali.com-sidak-prokes-di-pasar-sejumlah-pedagang-dan-pengunjung-ditegur

NEGARA, NusaBali
Petugas Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelola Pasar pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan (Koperindag) Jembrana, belakangan menggencarkan sidak penerapan protokol kesehatan (prokes) ke sejumlah pasar.

Dalam sidak ke pasar-pasar yang dilaksanakan selama sepekan terakhir ini, masih ditemukan beberapa pedagang maupun pengunjung yang tidak menggunakan masker atau memakai masker dengan cara tidak benar.

Seperti dalam sidak di Pasar Umum Jembrana, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan/Kabupaten Jembrana, Jumat (3/9) pagi. Dalam sidak yang dipimpin Kepala UPTD Pengelola Pasar pada Dinas Koperindag Jembrana I Putu Agus Yuliantara, petugas menegur beberapa warga pasar, baik pedagang maupun pengunjung yang tidak mematuhi prokes terkait penggunaan masker. Selain sama sekali tidak pakai masker, juga ada beberapa warga yang memakai masker di dagu.

Beberapa pedagang yang kedapatan tidak menggunakan masker itu, semuanya memastikan sudah membawa masker. Namun ada yang mengaku lupa kembali memakai masker ataupun menaikkan masker setelah sempat makan. “Ya tadi lepas masker karena makan jajan. Terus ada pembeli, karena cepat-cepatan lupa pakai masker lagi,” ujar salah satu pedagang yang sempat ditegur petugas.

Agus Yuliantara seizin Kepala Dinas Koperindag Jembrana I Komang Agus Adinata, mengatakan dalam pengawasan ke pasar-pasar selama sepekan terakhir ini, masih ada beberapa pedagang maupun pengunjung yang tidak menggunakan masker. Namun prosentase yang melanggar itu, sangat kecil dibandingkan yang sudah tertib menjalankan prokes. “Masih ada beberapa. Namun jumlahnya tidak terlalu banyak. Itu artinya masyarakat sudah menyadari apa yang harus dilakukan dalam melaksanakan prokes,” ujarnya.

Terkait pedagang maupun pengujung yang ditemukan tidak memakai masker, langsung diberikan teguran. Begitu juga diingatkan agar ke depannya selalu tertib menggunakan masker dengan benar. “Kami ingatkan agar ke depannya tidak diulang lagi. Kami juga ingatkan untuk tetap menggunakan masker di dalam maupun di luar pasar. Termasuk kami harapkan selalu tertib menjalankan prokes lainnya. Seperti mencuci tangan dan menjaga jarak,” ucap Agus Yuliantara.

Di samping sidak tersebut, sambung Agus Yuliantara, dari pihak pengelola pasar juga rutin mengingatkan melalui pengeras suara agar pedagang maupun pengunjung pasar selalu menaati prokes. Termasuk dipasang sejumlah imbauan di areal pasar. Di masing-masing pasar juga didirikan Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk mengingatkan ketertiban prokes untuk mencegah penyebaran Covid-19. *ode

Komentar