nusabali

Permudah Akses Pengunjung, Rudenim Denpasar Luncurkan Aplikasi Sisdakun

  • www.nusabali.com-permudah-akses-pengunjung-rudenim-denpasar-luncurkan-aplikasi-sisdakun

MANGUPURA, NusaBali
Sebagai salah satu upaya meningkatkan pelayanan terhadap publik, Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Denpasar meluncurkan Aplikasi Sistem Data Kunjungan (Sisdakun) versi 2.0.

Peluncuran aplikasi itu dilakukan di Aula Rudenim Denpasar, Jalan Uluwatu, Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung Kamis (2/9). Dengan adanya aplikasi itu, diharapkan bisa mempermudah akses pengunjung untuk menjenguk kerabat yang ditahan.

Kapala Rudenim Denpasar Babay Baenullah, mengatakan pembuatan Aplikasi Sisdakun ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi pengunjung meliputi keluarga, penasehat hukum, perwakilan negara, atau pihak lain setelah mendapatkan izin untuk mengunjungi kerabat yang ditahan di Rudenim. Dengan sistem tersebut, pengunjung dapat mengajukan permohonan kunjungan secara online melalui tautan https://rudenimdenpasar.imigrasi.go.id/sisdakun/.

Setelah mengisi permohonan itu, lanjut Babay Baenullah, pengunjung dapat mengetahui informasi terkait konfirmasi izin kunjungan, jadwal atau waktu kunjungan dapat dengan cepat diketahui yang dikirim otomatis lewat aplikasi ini. “Tentunya aplikasi ini sangat mempermudahkan semuanya. Sangat membantu, karena semuanya cepat,” katanya di sela-sela peluncuran Aplikasi Sisdakun Kamis siang.

Masih menurut Babay Baenullah, selain memudahkan akses kepada pengunjung, dibangunnya aplikasi ini dapat memberikan kemudahan bagi petugas dalam mengelola data kunjungan. Karena seluruh data kunjungan akan diproses dan disimpan secara digital dalam data base.

Lebih lanjut dikatakan, dalam membangun Aplikasi Sisdakun, sepenuhnya dilakukan oleh jajaran Rudenim, termasuk sumber daya manusia (SDM), sehingga tidak memerlukan biaya. “Kalau proses pembuatan aplikasi ini dilakuakn oleh tim kami di Rudenim. Makanya tidak ada biaya yang dikeluarkan dalam membuat aplikasi ini,” kata Babay Baenullah.

Babay Baenullah berharap terobosan inovasi ini Rudenim Denpasar dapat diterapkan di Rudenim seluruh Indonesia. Dengan demikian, segala bentuk perizinan yang dilakukan secara tatap muka bisa ditekan atau bahkan ditiadakan. “Tentunya dengan adanya terobosan ini juga, setidaknya Rudenim bisa meraih WBK dan lain sebagainya. Karena era saat ini sudah praktis semua,” harapnya.

Dalam kegiatan peluncuran itu juga dihadiri dari perwakilan sejumlah negara, perwakilan Rudenim seluruh Indonesia melalui daring via zoom, serta pejabat dan JFU pada Rudenim Denpasar. *dar

Komentar