nusabali

Tim Pusat Kunjungi Klungkung

Terkait Rencana Bangun PLUT- KUMKM

  • www.nusabali.com-tim-pusat-kunjungi-klungkung

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menerima kunjungan Tim dari Kementerian Koperasi dan Kementerian PPN/Bappenas di ruang rapat Bupati Klungkung, Kamis (2/9).

Kunjungan ini serangkaian menindaklanjuti usulan pembangunan dan revitalisasi Pusat Layanan Usaha Terpadu-Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) tahun anggaran 2022.  Proyek ini akan didanai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik bidang Koperasi dan UMKM. Bupati Suwirta juga mengajak Koordinator Tim Findiana Galih bersama rombongan untuk melihat secara dekat potret destinasi objek wisata di Klungkung. Antara lain, Monumen Ida Dewa Agung Jambe, Kerta Gosa, Pasar Seni Semarapura, Terminal Galiran, Objek Wisata Wayang Klasik Kamasan dan terakhir melihat situasi gedung rencana PLUT-KUMKM di eks SD 4 Kamasan, Banjar Kacangdawa, Desa Kamasan, Kecamatan Klungkung. “Program destinasi wisata ini sudah kami rancang untuk meningkatkan SDM dan UMKM di Kabupaten Klungkung,” ujar Bupati Suwirta.

Untuk diketahui, program PLUT-KUMKM dari Pusat untuk meningkatkan kinerja produksi, pemasaran, pembiayaan, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui peningkatan kapasitas kewirausahaan, teknis, dan managerial guna meningkatkan daya saing UMKM. Pemilihan lokasi tersebut karena Desa Kamasan dijadikan salah satu desa wisata yang dekat dengan perkotaan. Selain itu, desa ini dekat dengan Pusat Kebudayaan Bali yang sedang dibangun di eks galian C yang digagas Gubernur Bali I Wayan Koster.  “Rencananya, gedung PLUT-KUMKM di eks SD 4 Kamasan dibangun diatas lahan kurang lebih 24 are,” harap Bupati Suwirta.

Melalui program tersebut, Bupati Suwirta berharap dapat mendidik masyarakat dan generasi muda Klungkung khususnya secara terpusat. Sehingga setelah dididik dan dibina, pelaku UMKM dapat diberdayakan dan dapat membangkitkan UMKM yang ada di Kabupaten Klungkung sebagai upaya menekan angka pengangguran dan menurunkan angka kemiskinan. “Jika gedung PLUT-KUMKM ini sudah didirikan, maka nanti akan dijadikan tempat mendidik dan pendukung salah satu inovasi Pemkab Klungkung yakni generasi muda yang tergabung dalam Enterpreneur masuk Desa,” imbuhnya.

Koordinator Tim, Findiana Galih mengatakan kedatangan kami ini memberikan berita baik, dimana setelah tim melakukan penilaian Kabupaten Klungkung masuk dan menjadi salah satu kabupaten dari 14 kabupaten/kota yang mendapat DAK pembangunan dan revitalisasi pusat layanan. Selain itu, program ini juga merupakan pendampingan dari Kementerian Koperasi dan UKM terhadap KUMKM. Programi ini sebagai perhatian pemerintah dalam meningkatkan peran koperasi dan UKM dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Manfaat inti dari program ini yakni membantu memberikan pelayanan optimal kepada pelaku koperasi dan usaha dalam upaya meningkatkan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat. *wan

Komentar