nusabali

Abrasi Parah Ancam Pantai Eco Beach di Canggu

  • www.nusabali.com-abrasi-parah-ancam-pantai-eco-beach-di-canggu

Abrasi parah terjadi di kawasan Pantai Eco Beach Batu Bolong, Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara.

MANGUPURA, NusaBali

Menurut penuturan salah seorang warga, abrasi yang mulai menggerus senderan penahan ombak sudah terjadi sejak dua minggu lalu. Dengan kejadian ini warga berharap pihak terkait segera melakukan perbaikan agar abrasi tidak semakin parah.

“Sudah dua minggu kayak gitu (rusak kena abrasi, red). Tapi sampai sekarang balum ada petugas datang,” tutur salah seorang pedagang di lokasi yang enggan menyebutkan namanya. Karena belum ada satu pun petugas memantau abrasi parah tersebut, pihaknya sengaja membentangkan tali agar warga atau pengunjung pantai tak terjerembab dalam kubangan berdiameter sekitar 2,5 meter dan lebar 1 sampai 1,5 meter itu.

Warga berharap ada upaya perbaikan segera dari pemerintah atau instansi terkait, mengingat kawasan Pantai Eco Beach Batu Bolong, Canggu, cukup banyak pengunjungnya terutama wisatawan mancanegara (wisman). “Semoga cepat diperbaiki agar tidak mengganggu pengunjung pantai,” harapnya.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Badung IB Surya Suamba tak banyak memberikan komentar. Menurutnya, kewenanganan penanganan berada di Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali Penida. “Nanti akan kami komunikasikan dengan pihak desa. Tapi untuk penanganan coba konfirmasi ke BWS juga nggih,” pintanya.

Kendati begitu, dia mengungkapkan bila saat ini sedang dirancang penataan pantai karena dampak abrasi oleh lintas instansi. Setidaknya penataan ini meliputi kawasan pantai sepanjang Nusa Dua hingga Canggu.

Sementara itu Kepala BWS Bali Penida Ketut Jayada belum bisa dikonfirmasi hingga sore kemarin. Dihubungi melalui sambungan telpon tidak aktif. * asa

loading...

Komentar