nusabali

Ambisi Gli Azzurri Rebut Supremasi

Italia vs Bulgaria di Kualifikasi Piala Dunia

  • www.nusabali.com-ambisi-gli-azzurri-rebut-supremasi

Kini Italia berpeluang menyamai rekor Spanyol dan Brasil. Mancini sangat yakin, timnya dapat berkembang dalam 14 bulan ke depan sebelum Piala Dunia.

ROMA, NusaBali

Usai menjuarai Euro 2020, Italia bertekad menguasai supremasi sepakbola dunia saat menatap kualifikasi Piala Dunia 2022. Pelatih Roberto Mancini memiliki keyakinan, Gli Azzurri yang dia bawa menjuarai Euro 2020 kan semakin kuat sebelum putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar.

Kejayaan Italia pada partai final Euro 2020, Juli lalu, sekaligus menandai catatan 34 pertandingan tanpa kalah, yang membuat Mancini hanya berjarak satu laga dari catatan rekor tanpa kalah internasional yang dimiliki Spanyol dan Brasil. Di antara rentetan 34 laga tersebut, terdapat tiga laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa yang berhasil dimenangi tim asuhan asuh Mancini.

Kini Italia berpeluang menyamai rekor Spanyol dan Brasil saat menjamu Bulgaria untuk laga keempat Grup C kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, di Stadion Artemio Franchi, Firense, Jumat (3/9), pukul 02.45 dinihari WITA. Mancini pun sangat yakin, timnya dapat berkembang dalam 14 bulan ke depan sebelum Piala Dunia.

"Tak ada yang berubah. Kehidupan kami berlanjut, demikian juga pekerjaan yang ada. Kami telah menjuarai Kejuaraan Eropa, membahagiakan diri kami sendiri dan 60 juta warga Italia. Sungguh membanggakan, fakta bahwa kami telah menghadirkan kebahagiaan bagi orang-orang ini," kata Mancini, Senin lalu.

Menurut Mancini, masih ada lima laga kualifikasi untuk dijalani dan timnya harus memperlakukannya dengan cermat. Dia memulai lagi melawan para pemain yang memainkan delapan atau pertandingan liganya. Bagi Mancini, yang terpenting lolos, lalu mempersiapkan diri untuk putaran final, di Qatar.

Untuk rangkaian tiga laga lanjutan Grup C, Mancini memanggil kembali seluruh skuad Italia yang menjuarai Euro 2020, kecuali Leonardo Spinazzola yang dibekap cedera. Setelah melawan Bulgaria, Italia bertandang ke Swiss pada Minggu (6/9), sebelum menjamu Lithuania di Stadion MAPEI pada Rabu (8/9).

Menjamu Bulgaria, skuad Mancini optimis meraih kemenangan sekaligus memantapkan posisi di peringkat pertama di klasemen sementara Grup C. Dari tiga laga sebelumnya, Italia selalu mencetak kemenangan dengan cleanshet alias tidak kebobolan. Catatan rekor sempurna itu diperkirakan akan berlanjut mengingat skuad Italia tidak banyak perubahan dengan kekuatan yang merata di setiap lininya.

Sedangkan Bulgaria masih mencari kemenangan. Skuad Lyuboslav Penev belum menang dalam 5 laga terakhirnya. Di klasemen Grup C, Andrey Galabinov dkk baru sekali seri dan dua kali kalah dengan total 1 poin. Hasil itu mebuat Bulgaria di posisi 4 klasemen sementara.

Dari head to head, Italia unggul di atas kertas dari Bulgaria. Sejak 2012 keduanya bertemu 5 kali, Gli Azzurri menang 3 laga dan 2 lainnya seri. Pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada Maret 2021 di markas Bulgaria. Saat itu Italia menang 2-0, lewat Andrea Belotti dan Manuel Locatelli. *

Komentar