nusabali

Desa Tiga Rencana Kembangkan TPS 3R

  • www.nusabali.com-desa-tiga-rencana-kembangkan-tps-3r

BANGLI, NusaBali
Pemkab Bangli pada tahun 2021 akan kucurkan anggaran ke sejumlah desa melalui bantuan keuangan khusus (BKK) untuk mewujudkan pembangunan tempat pengolahan sampah reduce, reuse, recycle (TPS 3R).

Desa Tiga, Kecamatan Susut, salah satunya yang akan kecipratan dana BKK. Menurut rencana, Pemerintah Desa Tiga membangun TPS 3R di Banjar Buungan dengan memanfaatkan tanah adat.  

Perbekel Desa Tiga, Putu Merta Utama mengatakan, Pemkab Bangli akan memberikan BKK untuk pengembangan TPS 3R sebesar Rp 500 juta. Pemerintah desa juga mengalokasikan dana. Dengan adanya TPS 3R, sampah organik dan non organik dipisahkan. Sampah organik diolah, residu dibawa ke TPA. “Dengan program ini sampah di desa lebih tertangani,” ungkap Putu Merta Utama, Rabu (1/9).

Putu Merta Utama mengatakan, sampah di Desa Tiga sudah tertangani. Selain ada pengangkutan sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangli, masyarakat juga sudah terbiasa memilah sampah organik dan non organik. “Selama ini khusus sampah plastik ada kegiatan gotong royong dari karang taruna dan PKK Banjar Banjar Buungan. Sampah plastik dikirim ke bank sampah,” jelas Putu Merta Utama. *esa

Komentar