nusabali

SMPN 4 Semarapura Kemas Soal Ulangan Berbasis Game

  • www.nusabali.com-smpn-4-semarapura-kemas-soal-ulangan-berbasis-game

SEMARAPURA, NusaBali
SMPN 4 Semarapura, Klungkung, membuat sebuah inovasi dalam metode pembelajaran.

Antara lain, soal-soal ulangan harian dimodifikasi dari manual kini berbasis game (permainan). Sehingga siswa lebih antusias dalam menjawab soal-soal tersebut. Inovasi ini sudah diterapkan di SMPN 4 Semarapura sejak akhir Juli 2021, dengan memanfaatkan sebuah aplikasi Game Wordwall. Aplikasi bisa digunakan untuk membuat game berbasis kuis menyenangkan. Dengan Wordwall berbagai macam model game dapat dibuat.

Kepala SMPN 4 Semarapura David Setiyanto mengatakan, dengan penerapan ulangan/penilaian harian ini siswa menjadi lebih semangat dalam mengerjakan soal. "Bahkan, siswa sampai ketagihan mengerjakan soal. Karena siswa bisa belajar sekaligus bermain game," ujar David.

Jumlah soal ulangan harian yang diberikan 15 soal. Semua soal diinput terlebih dahulu dalam aplikasi. Selanjutnya,  dipilih sesuai tema game yang teredia dan disesuaikan dengan materi ulangan. "Kami sudah terapkan sejak Juli 2021, hasil penilaiannya bagus," kata David.

Guna memaksimalkan pembelajaran berbasis dalam jaringan (daring), jelas David, pihak sekolah sejak awal sudah memberikan pelatihan dan tutor tentang soal berbasis game ini untuk para guru. *wan

Komentar