nusabali

Ketua DPD RI Minta BPOM Dukung Vaksin Nusantara

  • www.nusabali.com-ketua-dpd-ri-minta-bpom-dukung-vaksin-nusantara

JAKARTA, NusaBali
Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) berjiwa besar mendukung Vaksin Nusantara yang merupakan karya anak bangsa.

Terlebih LaNyalla mendapat info Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, pada prinsipnya telah mendukung vaksin tersebut saat bertemu dengan Komisi IX DPR RI.

Untuk itu, Vaksin Nusantara perlu diberi rekomendasi agar dapat digunakan secara massal. Politisi asal Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur ini pun telah menjadi relawan dalam penelitian tahap dua Vaksin Nusantara pada April lalu. Hasilnya, sampai saat ini LaNyalla dalam kondisi baik.

"Alhamdulillah, sampai sekarang imun saya baik. Saya sehat bugar. Lalu mengapa Kepala BPOM masih meragukan keamanan dan efektivitas Vaksin Nusantara? Saya siap memberi testimoni yang sebenar-benarnya,” ujar LaNyalla di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (1/9).

LaNyalla menceritakan, dia telah berbicara dan mendapat penjelasan langsung dari dokter Terawan Agus Putranto mengenai Vaksin Nusantara. Berdasarkan informasi dokter Terawan, Vaksin Nusantara itu murah dan terjangkau. Oleh karenanya, diperlukan niat baik dari pemerintah.

“Pak Terawan juga sudah menyampaikan ke Komisi IX DPR, bahwa dia tidak butuh dana APBN untuk melanjutkan uji ke fase berikutnya. Jadi, tinggal goodwill pemerintah saja, khususnya BPOM,” jelas LaNyalla. Bagi LaNyalla, Kepala BPOM tidak perlu mencari-cari argumentasi lain.

Apalagi yang intinya melarang dan menghambat upaya anak bangsa untuk memberi kontribusi kepada negaranya. "Karena itu, saya ajak untuk berjiwa besar. Pasalnya, Menkes sudah menyatakan mendukung saat hearing di DPR RI semalam,” tegas LaNyalla. *k22

Komentar