nusabali

25 Siswa Madrasah Lolos ke KSM Provinsi Bali

  • www.nusabali.com-25-siswa-madrasah-lolos-ke-ksm-provinsi-bali

Pembinaan siswa kurang optimal karena masih pandemi Covid-19 dan PPKM.

AMLAPURA, NusaBali

Sebanyak 25 siswa madrasah dari Karangasem lolos ke KSM (Kompetisi Sains Madrasah) Tingkat Provinsi Bali. Menurut rencana KSM diselenggarakan pada tanggal 18-20 September secara online. Siswa yang lolos hasil seleksi KSM Tingkat Kabupaten Karangasem yang digelar pada tanggal 21-23 Agustus. KSM tingkat MI (Madrasah Ibtidaiyah), MTs (Madrasah Tsanawiyah), dan MA (Madrasah Aliyah).

Ketua Panitia Lomba KSM Tingkat Kabupaten Karangasem, Asmuni, mengatakan siswa yang lolos dari tingkat MI sebanyak 6 siswa. Mata pelajaran matematika dan IPA terpadu masing-masing tiga siswa. Tingkat MTs sebanyak 9 siswa. Mata pelajaran matematika, IPA terpadu, dan IPS terpadu masing-masing 3 siswa. Tingkat MA dengan mata pelajaran geografi sebanyak 2 siswa, mata pelajaran fisika 1 siswa, matematika 2 siswa, biologi 2 siswa, kimia 1 siswa, dan ekonomi sebanyak 2 siswa.

Asmuni mengatakan, KSM Tingkat Provinsi Bali digelar secara online. Hari pertama Sabtu (18/9) dari kelompok MA, hari kedua Minggu (19/9) dari kelompok MTs, dan hari ketiga Senin (20/9) dari kelompok MI. Seleksi KSM Tingkat Kabupaten Karangasem untuk MI, juara I mata pelajaran matematika diraih Nafi Prayogi Maula dari MIN 2 Karangasem, juara I IPA terintegrasi Alvina Clarissa Rahman dari MI Amlapura. Sedangkan Tingkat MTs, juara I mata pelajaran matematika Cahaya Syahida Mustofa dari MTsN Karangasem, juara IPA terpadu Hajar Amatullah Yasmin dari MTsN Karangasem, dan juara mata pelajaran IPS terpadu Aina Aljahro dari MTs Ma'arif Karangasem.

Perebutan juara di tingkat MA, dari enam mata pelajaran yang dilombakan didominasi MAN Amlapura dengan menyabet empat gelar. Mata pelajaran biologi dimenangkan Khomsun Khairul Ana, matematika dimenangkan Alfia Salsabila Putri, kimia dimenangkan Alan Ferdiansyah, dan fisika dimenangkan Salim Muafan. Dua gelar lainnya, mata pelajaran geografi dimenangkan Vika Rizkiana dari MA At Taqwim Karangasem dan mata pelajaran ekonomi dimenangkan Fungky Juliastuti dari MA At Taqwim.

Kasek MAN Amlapura Supriyanto membenarkan sebanyak empat siswa yang juara pertama KSM Tingkat Kabupaten Karangasem dan dua siswa juara II. MAN Amlapura meloloskan 6 siswa ke KSM Provinsi Bali. “Pembinaannya secara online, sekali-sekali tatap muka, itu pun tidak optimal. Anak-anak lebih banyak dimotivasi agar belajar mandiri,” jelas Supriyanto. Pembinaan kurang optimal karena masih pandemi Covid-19 dan PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat). *k16

Komentar