nusabali

Polsek Pantau Khusus Pasar Hewan Rubaya

  • www.nusabali.com-polsek-pantau-khusus-pasar-hewan-rubaya

AMLAPURA, NusaBali
Walau sepi pengunjung, Polsek Kubu, Karangasem melakukan pantauan khusus aktivitas Pasar Hewan Rubaya di Banjar Beluhu Kangin, Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Karangasem, Selasa (31/8).

Pemantauan khusus ini untuk mencegah terjadinya kerumunan yang berpotensi adanya penularan virus corona. Anggota polisi juga mengingatkan penjual maupun pembeli sapi taat jalani protokol kesehatan. Kapolsek Kubu AKP I Nengah Sona mengingatkan masyarakat yang pakai masker di dagu untuk dinaikkan menutupi mulut dan hidung.

AKP Nengah Sona menegaskan, saat berkomunukasi masker wajib menutup mulut dan hidung agar tidak ada droplet mengenai wajah lawan bicara. Diakui, setiap tiga hari sekali saat Pasar Hewan Rubaya dibuka, anggota melakukan pemantauan khusus. Saat pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), jumlah kunjungan mengalami penurunan. Pasar Hewan Rubaya masih sepi, tidak banyak yang jualan sapi dan tidak banyak pembeli sapi. Kapolsek Kubu AKP Nengah Sona bersama anggota melakukan pemantauan juga membagikan masker kepada warga yang ke pasar tidak pakai masker. Walau kondisi normal, ke Pasar Hewan Rubaya tetap gunakan masker agar pernapasan tidak terkontaminasi bau kotoran sapi.

Terpisah, Kepala Pasar Hewan Desa Bebandem, Kecamatan Bebandem, I Ketut Parwata, mengatakan aktivitas di Pasar Hewan Bebandem mulai normal. Pedagang dan pembeli sudah berdatangan, harga sapi juga normal. Pengunjung diingatkan disiplin pakai masker. “Hanya saja setelah mereka berkomunikasi, masker ditarik ke dagu sehingga berkomunikasi antar pengunjung tanpa masker, itu yang mengkhawatirkan,” ungkap Ketut Parwata. Aktivitas Pasar Hewan Bebandem mulai normal sejak 22 Agustus lalu. *k16

Komentar