nusabali

Satpol PP Serahkan WNA Rusia ke Imigrasi

Sebelumnya Diamankan karena Diduga Depresi

  • www.nusabali.com-satpol-pp-serahkan-wna-rusia-ke-imigrasi

MANGUPURA, NusaBali
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung, menyerahkan warga negara asing (WNA) bernama Oleg Cadrin, 33, ke Petugas Imigrasi Kelas I Denpasar, Selasa (31/8).

Penyerahan WNA asal Rusia itu untuk dideportasi ke negara asalnya. Saat ini WNA tersebut masih mendekam di Rumah Detensi Imigrasi Denpasar sembari menunggu jadwal penerbangan. Kasatpol PP Badung I Gusti Agung Ketut Suryanegar, mengatakan penyerahan WNA Rusia dilakukan setelah penanganan medis di RSD Mangusada. Tim medis dari rumah sakit memastikan yang bersangkutan sudah pulih secara total berdasarkan hasil pemeriksaan. “Dari penjelasan dokter, dia (Oleg Cadrin) sudah bisa diajak komunikasi, emosi stabil, tidur teratur, serta kooperatif,” kata Suryanegara.

Menurut Suryanegara, dari hasil komunikasi dengan WNA Rusia itu, selama beberapa hari tertekan lantaran semua dokumen serta identitas miliknya hilang. Sementara, di tidak mengetahui cara untuk menyeselsaikan persoalan yang tengah dihadapi. “Saat ini kami sudah serahkan ke Imigrasi,” katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Humas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bali I Putu Surya Dharma, mengakui terkait penyerahan WNA Rusia. Meski demikian, Surya Dharma tidak menjelaskan secara rinci terkait proses penanganan lebih lanjut. Pun untuk waktu proses pendeportasian juga belum dijelaskan. “Sudah diserahkan. Nanti akan kami rilis,” katanya melalui pesan singkat.

Sebelumnya diberitakan, WNA bernama Oleg Chadin, 33, diamankan Satpol PP Badung, Sabtu (28/8). Pria berkewarganegaraan Rusia itu diduga mengalami depresi. Mirisnya, saat hendak diamankan yang bersangkutan berusaha kabur, akibatnya terjatuh dan mengalami luka pada bagian kepala. Bule tersebut kemudian mendapatkan penanganan medis di RSD Mangusada.

Menurut informasi, WNA asal Rusia itu pertama kali diketahui oleh pemilik sebuah rumah makan yang curiga dengan keberadaan bule Rusia itu di tempat usaha yang terletak di Jalan Werdi Bhuana, Mengwi, Badung. Pemilik rumah makan kemudian mencoba mengajak berbicara, tapi bule tersebut tidak merespon.

Pemilik warung kemudian melaporkan hal itu ke petugas Satpol PP, yang kemudian ditindaklanjuti dengan mendatangi lokasi. Petugas berusaha membujuk bule itu, namun yang bersangkutan berusaha kabur. Walhasil, aksi kejar-kejaran pun tak terelakan. Petugas berusaha mengamankan bule itu karena dikhawatirkan menganggu keamanan dan kenyamanan masyarakat sekitar. Saat pengejaran, bule Rusia itu terjatuh dan kepalanya terluka. Oleh petugas kemudian langsung di bawa ke RSD Mangusada untuk mendapatkan penanganan medis. *dar

Komentar