nusabali

Pengunjung Mal di Bali Harus Unduh Aplikasi PeduliLindungi

  • www.nusabali.com-pengunjung-mal-di-bali-harus-unduh-aplikasi-pedulilindungi

DENPASAR, NusaBali.com –  Kartu vaksin saja tidak cukup, namun setiap pengunjung mal diminta sudah mengunduh aplikasi PeduliLindungi.

Walaupun Bali secara resmi belum menetapkan alur masuk mal atau pusat perbelanjaan seperti itu, termasuk dalam rangka uji coba, namun kebijakan ini sudah diterapkan oleh Level 21 Mall Bali sejak 19 Agustus 2021.

Pengunjung mal wajib mengunduh aplikasi PeduliLindungi, dan melakukan check in serta check out dengan melakukan scan barcode yang telah tersedia pintu masuk Level 21 Mall Bali.

Pada pintu masuk, petugas keamanan Level 21 Mall Bali mengarahkan pengunjung untuk melakukan scan barcode untuk check in ke dalam mall. Lalu bagi pengunjung yang telah berhasil masuk ke dalam mall, diarahkan petugas untuk mengunduh aplikasi PeduliLindungi bagi yang belum memiliki aplikasi tersebut di ponselnya.

“Sempat 30 menit saya bersama petugas keamanan yang  mengarahkan saya dalam menggunakan aplikasi PeduliLindungi,” ujar Made, pengunjung pada Selasa (31/8/2021) malam.

“Saya kira boleh masuk dengan hanya menunjukkan kartu vaksin saja, ternyata harus mengunduh aplikasi tersebut,” imbuhnya.
 
Dirinya pun menambahkan, bahwa penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk masuk ke dalam mall, harus disosialisasikan lebih intens lagi, agar masyarakat benar-benar paham terhadap penggunaan aplikasi tersebut.

Menanggapi hal tersebut, pihak Level 21 meminta permakluman karena semuanya masih dalam tahap uji coba kebijakan, sehingga hal yang wajar apabila ditemukannya beberapa kendala. “Maka pada saat uji coba inilah nantinya untuk mengantisipasi kendala pada saat kebijakan sudah resmi diterapkan,” jelas Manajer Level 21 Mall Bali Zenzen Guisi Halmis.

Lebih lanjut perempuan yang akrab disapa Zee ini berharap agar kebijakan pemerintah yang nantinya akan resmi diterapkan, memberikan dampak positif baik dari mall itu sendiri, maupun kepada masyarakat secara luas. “Semoga perekonomian perlahan-lahan semakin membaik, dan terwujudnya kondisi kesehatan yang baik juga di masyarakat, mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19,” kata Zee.
.
Di sisi lain Zee menegaskan bahwa seluruh karyawan di Level 21 Mall, wajib sudah divaksin dan rutin melampirkan hasil swab antigen.  “Swab antigen untuk karyawan difasilitasi oleh Level 21 Mall Bali, selain melampirkan hasil tes swab, yang terpenting adalah karyawan wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat di masa pandemi,” ujarnya.

Saat dikunjungi, Selasa (31/8/2021) malam, Level 21 Mall Bali terlihat lengang, ditunjukkan dengan sebagian besar toko yang tutup, dan pengunjung mall pun didominasi pengemudi ojek online. “Toko yang buka hanya sejumlah 30 persen dari jumlah toko, adapun toko yang buka yakni supermarket, farmasi, optik, food & beverage, dan penukaran uang, dengan mengutamakan take away dan penerapan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Bali yang berlaku,” pungkas Zee. *rma

Komentar