nusabali

Belasan Hektare Kebun Mete Terbakar

  • www.nusabali.com-belasan-hektare-kebun-mete-terbakar

AMLAPURA, NusaBali
Kebun mete seluas 1,5 hektare di Banjar Lebah, Desa Sukadana, Kecamatan Kubu, Karangasem terbakar, Senin (30/8) sekitar pukul 00.30 Wita. Kebakaran sudah terjadi sejak beberapa hari terakhir. Luas lahan yang terbakar mencapai 17,5 hektare. Kerugian diperkirakan mencapai Rp 1 miliar.

Kebakaran lahan mete ini dilaporkan oleh I Nyoman Gomboh Arsana. Laporan diterima Danton Regu 3 Pos Pemadam Kebakaran Karangasem I Putu Ariana. Sebanyak 13 personel turun ke lokasi kejadian dengan tiga unit kendaraan. Petugas menghabiskan 10.000 liter air hingga pendinginan. Kebakaran serupa juga terjadi di Banjar Lebah, Desa Sukadana, Minggu (29/8) sekitar pukul 11.30 Wita. Api melalap kebun yang berisi tanaman mete, pohon jati, rontal, dan semak-semak seluas 15 hektare.

Kebakaran paling awal terjadi di Banjar Lebah, Desa Sukadana, Jumat (27/8) sekitar pukul 18.22 Wita. Kebakaran lahan seluas 1 hektare. Petugas pemadam kebakaran menghabiskan 10.000 liter air. Selain petugas pemadam kebakaran, warga setempat, Polsek Kubu, dan Koramil Kubu turut membantu memadamkan kobaran api. “Kami sempat dua kali bawa air,” ungkap Putu Ariana. Kebakaran lahan sering terjadi di wilayah Kecamatan Kubu dan sekitarnya saat musim panas.

Salah seorang pemilik lahan, I Made Weca, 50 mengaku belum mengetahui penyebab kebakaran itu. “Pohon mete saya terbakar, pohon jati dan pohon rontal juga terbakar,” kata Made Weca. Pemilik lahan lainnya, I Made Maliawan dan I Ketut Sukanadi menyayangkan terjadi kebakaran di lahannya. “Pohon mete yang hangus terbakar sulit untuk tumbuh kembali. Mete telah produktif, saya mengalami kerugian cukup banyak,” ungkap Made Maliawan. *k16

Komentar