nusabali

Satgas Covid-19 Awasi Perayaan Banyu Pinaruh

  • www.nusabali.com-satgas-covid-19-awasi-perayaan-banyu-pinaruh

SEMARAPURA, NusaBali
Perayaan Banyu Pinaruh yang ditandai dengan tradisi panglukatan (pembersihan diri secara niskala) oleh warga, di Pantai Watu Klotok, Desa Tojan, Kecamatan Klungkung, Redite Paing Sinta, Minggu (29/8), mendapat pengawasan Tim Satgas Penanganan Covid-19 Klungkung.

Pengawasan ini untuk memastikan tidak terjadi kerumunan. Pantauan di lapangan, tampak ratusan warga malukat Banyu Pinaruh di Pantai Watu Klotok. Sementara itu, Tim Satas menyebar di beberapa titik untuk mengawasi warga. Kepala Satpol PP dan Damkar Klungkung I Putu Suarta mengatakan, saat pelaksanaan Banyu Pinaruh ini kunjungan dari masyarakat tidak terlalu ramai. Kendati demikian Satgas Covid-19 Klungkung tetap mengawasi dengan ketat. "Hal ini agar masyarakat yang berkunjung tetap menerapkan prokes," ujar Suarta.

Petugas juga mengecek warga yang berkunjung agar tetap mengenakan masker, menjaga jarak, begitu pula saat melakukan ritual Banyu Pinaruh tidak berkerumun. "Kami juga berikan edukasi untuk pentingnya menerapkan prokes dengan pengeras suara," kata Suarta.

Suarta menyebutkan, untuk aktivitas di pantai lain juga diawasi, namun nampak kunjungan masyarakat lebih lenggang ketimang Pantai Klotok.

Sebelum terjadi pandemi Covid-19, kunjungan warga di Pantai Watu Klotok, saat Banyu Pinaruh, membeludak bahkan dalam sehari bisa mencapai 5.000 orang. Namun, karena kini di tengah pandemi Covid-19 terjadi penurunan signifikan. *wan

Komentar