nusabali

Digelar Daring, Undiksha Wisuda 1.359 Mahasiswa

Lulusan Diminta Terus Tingkatkan Kompetensi

  • www.nusabali.com-digelar-daring-undiksha-wisuda-1359-mahasiswa

SINGARAJA, NusaBali
Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja melangsungkan wisuda LXV yang digelar dalam jaringan (daring), pada Jumat (27/8) pagi.

Pelaksanaan wisuda dengan mode ini digelar mengingat situasi masih dalam pandemi Covid-19, dan masih diberlakukannya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali.

Undiksha mempersembahkan 1.359 lulusan dari tujuh fakultas dan pascasarjana dalam wisuda kali ini. Para lulusan diminta untuk tetap meningkatkan kompetensi dan kualitas diri. Sehingga mampu bersaing di dunia kerja maupun mampu menjadi pembuka lapangan kerja. Alumni juga diminta mengembangkan sikap yang mencirikan era revolusi industri 4.0, yaitu berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif, dan berkarakter.

Rektor Undiksha Prof I Nyoman Jampel mengatakan, sebagai perguruan tinggi, Undiksha memiliki tugas utama mengantarkan mahasiswa menyelesaikan studinya dengan gemilang menuju ke pintu gerbang kesuksesan. Karena itu, Undiksha selalu berusaha menghasilkan lulusan-lulusan yang kompeten dan berkarakter, serta bermanfaat untuk keluarga dan masyarakat.

"Selama studi, kami berusaha untuk membekali anak-anak kami dengan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai kebaikan," ujar Prof Jampel.

Dalam sambutannya, Rektor Prof Jampel menyampaikan beberapa capaian yang telah diraih oleh Undiksha pada tahun 2020-2021. Di antaranya, rangking 23 pada Sistem Pemeringkatan Kinerja Kemahasiswaan, peringkat 34 SINTA pada tahun 2021, berada pada peringkat 11 di Indonesia berdasarkan pemeringkatan Scimago Institutions Rangkings pada tahun 2021, peringkat 56 nasional dan peringkat 4.579 Dunia berdasarkan pemeringkatan perguruan tinggi versi Webometrics.

Selain itu, Universitas terakreditasi unggul ini berada pada urutan 27 pada klaster 2 bersama dengan 34 universitas besar lainnya berdasarkan klasterisasi Perguruan Tinggi di Indonesia tahun 2020 yang dinilai berdasarkan 4 indikator, yaitu input, proses, output, dan outcome.

"Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh civitas akademika yang telah berjuang secara tulus dan telah menunjukkan prestasinya selama ini," sambung Rektor asal Nusa Dua, Kabupaten Badung ini.

Apresiasi juga diberikan kepada para guru besar dan sejawat dosen yang telah berhasil mengantarkan keberhasilan para wisudawan, seluruh tenaga kependidikan. Serta para pemangku kepentingan yang telah berkontribusi pada penyelenggaraan pendidikan para wisudawan, serta seluruh pegawai yang membuat kampus Undiksha aman dan nyaman.

Prof Jampel menambahkan, bahwa kemajuan Undiksha bukan semata-mata hasil dari upaya civitas akademika saja, melainkan juga peran besar para alumnusnya. "Alumni merupakan representasi Undiksha di masyarakat. Perilaku alumni di masyarakat akan menjadi cerminan kampus ini," tandas Prof Jampel. *mz

Komentar