nusabali

Atasi pengangguran, Golkar Jembrana Latih Tenaga Sortasi

  • www.nusabali.com-atasi-pengangguran-golkar-jembrana-latih-tenaga-sortasi

DENPASAR,NusaBali
DPD II Golkar Jembrana melatih para sortasi buah komoditas ekspor untuk mendukung program ekspor produk buah komoditas di tengah Pandemi Covid-19 di DPD II Golkar Jembrana, Minggu (29/8).

Tenaga sortasi yang bertugas memilah buah komoditas ekspor ini langsung dilatih tenaga ahli yang dikerahkan Wakil Ketua Badan Pembinaan dan Pemberdayaan Petani DPD I Golkar Bali, Jero Tesan.  Tenaga-tenaga sortasi ini sekaligus juga akan direkrut di tengah Pandemi Covid-19 untuk mengurangi pengangguran.

Ketua DPD II Golkar Jembrana I Made Suardana mengatakan Golkar terus mendukung program pemerintah pusat dan daerah dalam meningkatkan ekspor sektor pertanian, khususnya buah komoditas ekspor. "Di Bali potensi ekspor sangat tinggi untuk komoditas buah.  Maka pendidikan tenaga sortasi ini kita laksanakan mendukung ekspor produk pertanian ini," ujar Suardana.

Anggota Komisi II DPRD Bali membidangi perdagangan, pertanian dan pariwisata ini menyebutkan tenaga sortasi sangat penting perannya dalam proses ekspor.

"Karena sangat erat kaitannya dengan kualitas buah yang akan dikirim keluar negeri. Program ini juga sekaligus merekrut dan membuka peluang bagi tenaga kerja di musim Pandemi Covid-19 ini," ujar Suardana. Sementara Jero Tesan mengatakan para tenaga sortasi yang dilatih ini diharapkan sudah bisa dipekerjakan ketika panen buah nanti tiba. Mereka sudah siap kerja dengan skill yang dimiliki.

"Tenaga sortasi ini difasilitasi DPD II Golkar Jembrana. Kita latih, nanti mereka sudah siap pakai," ujar pria yang juga Ketua Asosiasi Eksportir Buah di Provinsi Bali ini. Sedangkan Ketua DPD I Golkar Bali Nyoman Sugawa Korry yang kemarin membuka langsung pelatihan tersebut mengungkapkan pelatihan sortasi ini sangat tepat di tengah Pandemi Covid-19 ini. "Ekspor sangat berpengaruh terhadap tingkat pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional, di samping juga sektor konsumsi dan investasi. Kami apresiasi dengan gerakan DPD II Golkar Jembrana," ujar Wakil Ketua DPRD Bali ini. *nat

Komentar