nusabali

Quartararo Juarai MotoGP Inggris

  • www.nusabali.com-quartararo-juarai-motogp-inggris

LONDON, NusaBali.com - Pembalap tim Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo semakin mengokohkan posisinya sebagai pemuncak klasemen sementara MotoGP berkat kemenangan di Grand Prix Inggris, Silverstone, Minggu (29/8/2021), di saat Aprilia meraih podium perdananya di kelas premier.

Quartararo membalas kekecewaannya saat terjatuh di lap pertama balapan Inggris tahun 2019 dengan tampil perkasa menjuarai MotoGP Inggris untuk pertama kalinya di kelas premier demi kemenangan kelimanya musim ini.

Juara MotoGP Inggris 2019 Alex Rins juga tampil impresif setelah start dari P10 dan mengklaim podium sebagai runner-up untuk tim Suzuki Ecstar di saat Aleix Espargaro mempersembahkan podium perdana bagi Aprilia di peringkat tiga.

Pol Espargaro menerjemahkan pole position dengan baik ketika start untuk memimpin setelah Tikungan pertama. Namun tak butuh waktu lama bagi sang pebalap tim Repsol Honda kehilangan posisinya ketika Quartararo mendapat celah di lap kelima untuk menjadi yang terdepan.

Sementara duet tim Suzuki Joan Mir dan Alex Rins menebar ancaman di belakang dan memerlukan hanya enam putaran untuk merangsek ke posisi enam besar dari posisi start baris keempat mempecundangi duet tim Ducati Francesco Bagnaia dan Jack Miller yang kewalahan menemukan ritme di Silverstone.

Melewati rekan satu timnya, Rins, juara MotoGP Inggris 2019, melakukan manuver menyalip Pol Espargaro demi tempat di podium setelah lap kedelapan.

Setelah separuh jarak lomba, Quartararo menjaga jaraknya 2,9 detik dari Aleix Espargaro yang berusaha bertahan dari serangan Rins yang menempel ketat di belakang. Namun, sang pembalap Aprilia membuat kesalahan dan melebar, memberi celah bagi Rins untuk naik ke posisi kedua.

Di enam lap terakhir, Miller menemukan kecepatan untuk mengejar para pembalap terdepan, menyalip Mir dan naik ke P4 setelah Pol Espargaro membuat kesalahan di tikungan.

Miller bertarung ketat dengan Aleix Espargaro di lap terakhir hingga kedua pembalap saling berebut posisi, namun sang pebalap Spanyol mampu mempertahankan peluang podium setelah keluar di tikungan terakhir dan finis di depan sang pembalap Australia. Podium itu juga untuk pertama kalinya bagi Espargaro sejak GP Aragon 2014. 

Miller harus puas dengan P4 sedangkan Pol Espargaro melorot ke P5. Iker Lecuona mendapati hasil terbaiknya untuk tim Tech3 KTM di P7, mengungguli Alex Marquez (LCR Honda) dan Joan Mir, yang harus puas terlempar ke P9.

Johann Zarco melengkapi sepuluh besar untuk tim Pramac Racing di saat Valentino Rossi, yang start dari P8, melakukan perpisahan dengan fans Inggris di Silverstone dengan finis P18.

Rookie tim Pramac Racing Jorge Martin harus mengakhiri perjuangannya lebih dini setelah terlibat senggolan dengan Marc Marquez di lap pertama. Sang pembalap tim Repsol Honda juga gagal menyelesaikan balapan kendati menunjukkan kecepatan yang menjanjikan di sesi latihan dan kualifikasi di tengah kondisi fisiknya yang belum pulih benar dari cedera.

Dengan lima kemenangan dan delapan podium, Quartararo kini mengoleksi 206 poin, memperlebar jaraknya dari rival terdekat Joan Mir, yang naik ke peringkat dua dengan 141 poin.

Zarco naik ke peringkat tiga dengan 137 poin, menggeser Francecso Bagnaia ke peringkat empat setelah sang pembalap Italia hanya mampu finis P14 di Silverstone.

MotoGP kembali digelar di Silverstone sebagai seri ke-12 di kalender musim ini setelah tahun lalu balapan GP Inggris dibatalkan karena pandemi Covid-19.

Awal musim ini tidak ada pebalap Inggris yang membalap di kelas premier, namun di Silverstone akhir pekan ini paling tidak dua pembalap tuan rumah mendapat kesempatan tampil di depan para pendukungnya.

Menyusul hengkangnya Maverick Vinales dari tim pabrikan Yamaha di tengah musim, Cal Crutchlow, yang sebelumnya ditugasi Yamaha menggantikan Franco Morbidelli yang masih memulihkan diri dari cedera, bakal berseragam tim Monster Energy Yamaha sebagai tandem Quartararo di Silverstone.

Kemudian pembalap Moto2 Jake Dixon mendapat kesempatan debut di MotoGP bareng tim Petronas Yamaha SRT dan akan mengendarai motor M1 spesifikasi 2019 milik Morbidelli.

Crutchlow finis P17, sedangkan Dixon dua posisi di belakangnya. Lorenzo Savadori menarik diri dari GP Inggris menyusul kondisi fisiknya yang belum sepenuhnya fit pascaoperasi. Sang pembalap Aprilia mendapat cedera pergelangan kaki setelah terlibat kecelakaan dengan pembalap KTM Dani Pedrosa di Grand Prix Styria. *ant


Komentar