nusabali

De Gadjah-Muntra Temui Koster di Jaya Sabha

Dua Hari Pasca Dikukuhkan Jadi Ketua dan Sekretaris DPD Gerindra Bali

  • www.nusabali.com-de-gadjah-muntra-temui-koster-di-jaya-sabha

DENPASAR, NusaBali
Dua hari setelah dikukuhkan sebagai Ketua DPD Gerindra Bali dan Sekretaris DPD Gerindra Bali, duet Made Muliawan Aria (De Gadjah) dan I Wayan Muntra merapat ke rumah jabatan Gubernur Bali, Komplek Jaya Sabha Denpasar, Jumat (27/8) siang.

Mereka sempat selama 1,5 jam bertemu Gubernur Wayan Koster, yang notabene Ketua DPD PDIP Bali. Ada apa? Duet De Gadjah-Wayan Muntra diterima Gubernur Wayan Koster, yang juga pembina politik di daerah, Jumat siang pukul 13.00 Wita. Dalam pertemuan yang berlangsung sampai pukul 14.30 Wita itu, tidak ada pembicaraan khusus terkait peta  politik di Bali, meskipun Gubernur Koster adalah Ketua DPD PDIP Bali, sementara De Gadjah sebagai nahkoda baru DPD Gerindra Bali.

Kehadirannya ke Jaya Sabha Denpasar adalah dalam rangka simakrama sebagai pemimpin baru DPD Gerindra Bali. "Kita simakrama sebagai Ketua DPD Gerindra dan Sekretaris DPD Gerindra yang baru saja dikukuhkan oleh DPP Gerindra. Gubernur sebagai kepala daerah di Provinsi Bali kan juga sekaligus pembina politik di daerah. Tidak ada pembicaraan politik, koalisi, atau menyangkut soal peta politik ke depan. Ini murni simakrama," ujar Wayan Muntra kepada NusaBali seusai bertemu Gubernur Koster, Jumat siang.

Menurut Muntra, dalam pertemuan kemarin, Gubernur Koster menyampaikan selamat atas pengukuhan kepengurusan baru DPD Gerindra Bali di bawah komando De Gadjah. Duet De Gadjah-Muntra selaku pimpinan DPD Gerindra Bali juga menyatakan komitmennya untuk bersinergi dengan pemerintah daerah dalam memajukan Bali, terutama bantu masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

"Dalam pertemuan tadi (kemarin), kami menegaskan Partai Gerindra di Bali akan melaksanakan fungsinya sebagai partai politik yang siap mendukung program pemerintah yang pro rakyat dan memberikan masukan yang konstruktif untuk pembangunan Bali," terang mantan politisi Golkar asal Kelurahan Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Badung yang baru gabung ke Gerindra ini.

Muntra menegaskan, Gerindra dengan kepanjangan tangannya di jajaran legislatif juga akan tetap berperan memberikan kritik dan saran, yang tujuannya membangun Bali sesuai dengan visi misi Gubernur Bali ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’. "Apa pun program yang pro rakyat, itu kita dukung. Partai politik itu melaksanakan kerja-kerja politik untuk kepentingan masyarakat luas," tegas mantan Ketua DPD II Golkar Bali dan Ketua Badan Hukum & HAM DPD I Golkar Bali ini.

Dikonfirmasi terpisah, De Gadjah mengatakan pihaknya simakrama ke kediaman Gubernur Koster sebagai bagian komunikasi dengan pemerintah daerah dalam upaya menjalin sinergitas untuk pembangunan Bali. Menurut De Gadjah, Gerindra memiliki banyak agenda kerja untuk masyarakat Bali.

"Sesuai instruksi DPP Gerindra, kepemimpinan partai i tingkat nasional dan daerah kedepankan pola komunikasi yang elegan untuk kepentingan masyarakat. Kita bersinergi untuk kepentingan masyarakat luas, itu hal yang utama," jelas De Gadjah.

De Gadjah menegaskan, dirinya sudah lama mengenal Gubernur Koster. Dalam beberapa kesempatan, De Gadjah juga intensif berkomunikasi dengan Gubernur Koster untuk pembangunan Bali. Karena itu, pertemuan di Jaya Sabha Denpasar kemarin berlangsung sangat cair.

"Ya itu tadi, kami pihak Gerindra komunikasi yang cair dengan setiap elemen di Bali, pemerintah daerah, dan antar sesama parpol. Kami punya komitmen untuk bersinergi dengan semua elemen dan pemerintah Provinsi Bali di bawah kepemimpinan Gubernur Koster, terlebih dalam kondisi masyarakat menghadapi pandemi Covid-19 ini," tandas politisi asal Desa Tegal Harum, Kecamatan Denpasar Barat yang mantan Ketua DPC Gerindra Denpasar dan kini menjabat Wakil Ketua DPRD Denpasar dari Fraksi Gerindra ini.

De Gadjah sendiri baru dikukuhkan menjadi Ketua DPD Gerindra Bali oleh Wakil Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi, Keanggotaan (OKK) DPP Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, dalam seremoni di Restoran Sector Bar, kawasan Inna The Grand Bali Beach Hotel Sanur, Denpasar Selatan, 25 Agustus 2021 siang. De Gadjah menggantikan almarhum Ida Bagus Putu Sukarta alias Gus Sukarta, yang meninggal mendadak 1 Juli 2021 lalu. Sebagai gantinya, putra dari almarhum Gus Sukarta yakni Ida Bagus Yoga Adi Putra (Gus Yoga) sundul De Gadjah jadi Ketua DPC Gerindra Denpasar.

Selain De Gadjah, 5 mantan politisi Golkar yang baru bergabung juga dikukukan jadi pengurus DPD Gerindra Bali. Mereka adalah I Wayan Muntra (mantan Ketua Bakum HAM DPD I Golkar Bali yang dikukuhkan jadi Sekretaris DPD Gerindra Bali), Kusnandar (jadi Wakil Sekretaris DPD Gerindra Bali), AA Nanik Suryani (dikukuhkan sebagai Wakil Ketua DPD Gerindra Bali), I Gusti Ngurah Agung Buminatha (se-bagai Wakil Ketua DPD Gerindra Bali), dan Made Mastra Arjawa (se-bagai Wakil Ketua DPD Gerindra Bali).

Bukan hanya itu, tokoh masyarakat asal Kelurahan Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Badung, I Nengah Wiratha, yang notabene mantan anggota DPD RI Dapil Bali 2009-2014 juga gabung ke Gerindra. Mantan Ketua Bappilu DPD Hanura Bali ini dipercaya menjadi Wakil Ketua DPD Gerindra Bali di bawah komando duet De Gadjah-Wayan Muntra. *nat

Komentar