nusabali

Demoday Pertamuda Dimulai, 50 Finalis Bersaing Raih Hadiah Total Rp 300 Juta

  • www.nusabali.com-demoday-pertamuda-dimulai-50-finalis-bersaing-raih-hadiah-total-rp-300-juta

JAKARTA, NusaBali.com – Akhirnya Pertamuda (Pertamina Muda) Seed & Scale 2021 menghasilkan 50 peserta terbaik setelah melewati tahapan awal kompetisi ide bisnis yang diikuti oleh 2.025 peserta terdaftar.

Top 50 ini terpilih setelah melalui tahap kurasi dan filterasi dan mengikuti Demoday pada Jumat (27/8/2021) secara daring. Selanjutnya dari 50 finalis akan dipilih 25 terbaik sebelum akhirnya dijaring 3 pemenang yang berhak mendapatkan dana pembinaan senilai Rp 100 juta per pemenang melalui inkubator bisnis di kampusnya masing-masing.

Sayangnya mentoring dan pitching secara hybrid yang harusnya diikuti oleh Top 50  pada 27 – 29 Agustus 2021,  urung dilaksanakan karena masih diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) serta berbagai pertimbangan lainnya.  Alhasil  kegiatan mentoring dan pitching dilaksanakan secara daring mulai 27 Agustus 2021 hingga final pitch 1 September 2021.

“Meskipun tidak bisa dilaksanakan secara tatap muka, namun kami harap tidak mengurangi esensinya dengan dilaksanakan secara daring. Hal ini kami lakukan mengikuti peraturan dari pemerintah terkait PPKM dalam pengendalian penyebaran Covid-19. Semoga pelaksanaan  tahun 2022 bisa secara tatap muka,“ kata Fajriyah Usman, Pjs Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations PT Pertamina (Persero), Jumat (27/8/2021).

Tercatat 50 finalis yang lolos berasal dari 23 kampus yakni IPB, ITB, ITK, ITS, Poltek Elektronika Negeri Surabaya, Poltek Negeri Malang, UIN Malang, UGM, UI, Undip, Unud, Unair, Unibraw, Unhas, Unpad, Unila, Universitas Pendidikan Ganesha, UPI, Universitas Mulawarman, UNJ, Universitas Riau, UNS dan Universitas Tanjungpura.

Asal finalis Pertamuda yang terpilih secara demografi berasal dari 17 provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, DIY, Bali, Jambi, Jawa Timur, Jateng, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Lampung, Riau, Sulawesi Selatan dan Sumatera Barat.

Fajriyah menyampaikan bahwa untuk membangun Indonesia menjadi lebih maju, dibutuhkan banyak wirausahawan muda, yang akan menjadi tulang punggung perekonomian nasional. 

“Kompetisi ide bisnis untuk Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia merupakan upaya Pertamina yang berkelanjutan dalam mendukung kolaborasi antara perguruan tinggi dan Industri untuk mendorong percepatan pertumbuhan kewirausahaan nasional, khususnya yang berbasis platform inovasi,” imbuh Fajriyah.

Proses saat ini telah melalui sejumlah tahapan. Mulai pendaftaran Pertamuda Seed and Scale 2021 yang telah dibuka sejak 17 Juni 2021 lalu oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati hingga ditutupnya pendaftaran pada 23 Juli 2021, sehingga masuk 2025 pendaftar. Kemudian tahap sosialisasi melalui 4 kali rangkaian workshop hingga proses filtering dan kurasi.  *mao


Komentar