nusabali

De Gadjah Rangkul Tokoh Masyarakat untuk Nyaleg

Dibebani Target Rebut Kursi DPR RI dari Gerindra Dapil Bali di 2024

  • www.nusabali.com-de-gadjah-rangkul-tokoh-masyarakat-untuk-nyaleg

DENPASAR, NusaBali
Setelah dukukuhkan menjadi Ketua DPD Gerindra Bali, Made Muliawan Arya alias De Gadjah segera tancap gas konsolidasi internal untuk memperkuat soliditas partai, agar target politik yang dibebankan DPP Gerindra di Pemilu 2024 bisa terwujud.

Selain wajibkan para incumbent maju tarung lagi, Gerindra Bali di bawah kendali De Gadjah juga rangkul tokoh-tokoh masyarakat untuk nyaleg ke Pileg 2024. De Gadjah optimistis target rebut kembali kursi DPR RI Dapil Bali yang hilang di Pileg 2019 lalu, bisa diwujudkan. Selain yakin rebut kembali kursi DPR RI Dapil Bali yang pernah diduduki almarhum IB Putu Sukarta peride 2014-2019, De Gadjah juga optimistis Gerindra bisa menambah perolehan kursi DPRD Bali dan DPRD Kabupaten/Kota sebagaimana dibebankan DPP Gerindra di Pileg 2024 mendatang. "Harus optimis, tentunya disertai kerja keras untuk mewujudkan target-target politik tersebut,” terang De Gadjah kepada NusaBali di Denpasar, Kamis (26/8).

Soal bagaimana strategi untuk mewujudkan target rebut kursi DPR RI Dapil Bali, tambah kursi DPRD Bali, dan kursi DPRD Kabupaten/Kota se-Bali, De Gadjah enggan menyebutkannya, karena itu merupakan rahasia dapur internal. Yang jelas, kata De Gadjah, pihaknya akan merangkul tokoh masyarakat yang siap bertarung ke Pileg 2024. Selain itu, para incumbent yang kini duduk di DPRD Bali dan DPRD Kabupaten/Kota se-Bali hasil Pileg 2019 juga wajib maju tarung.

"Kan ada juga kader dan pengurus yang fokus mengabdi membesarkan partai, tapi tidak mau nyaleg. Namun, untuk yang incumbent kami priroritaskan maju ke Pileg 2024 nanti," tegas politisi asal Desa Tegal Harum, Kecamatan Denpasar Barat yang lepas jabatan Ketua DPC Gerindra Denpasar karena dikukuhkan menjadi Ketua DPD Gerindra Bali, Rabu (25/8) ini.

Selain itu, menurut De Gadjah, soliditas internal partai juga akan dikuatkan. "Pertama, harus solid dalam melaksanakan program partai, dengan kompak dan bersatu. Kedua, optimistis dengan kerja keras. Saya rasa kalau sudah kerja keras, usaha kita pasti ada hasilnya. Yang ketiga, jangan panik," terang De Gadjah.

De Gadjah menegaskan dirinya bersama jajaran kader siap menjawab kepercayaan Ketua Umum DPP Gerindra, Prabowo Subianto, dengan prestasi. "Kita harus jawab kepercayaan ketua umum dengan prestasi. Intinya, kader Gerindra harus militan, sedikit bicara banyak bekerja, no drama. Integritas dan loyalitas kepada partai adalah harga mati bagi kami," tandas De Gadjah yang kini menjabat Wakil Ketua DPRD Denpasar dari Fraksi Gerindra.

De Gadjah sendiri dikukuhkan menjadi Ketua DPD Gerindra Bali oleh Wakil Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi, Keanggotaan (OKK) DPP Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, dalam seremoni di Restoran Sector Bar, kawasan Inna The Grand Bali Beach Hotel Sanur, Denpasar Selatan, Rabu siang. De Gadjah menggantikan almarhum IB Putu Sukarta, yang meninggal mendadak 1 Juli 2021 lalu. Sebagai gantinya, Ida Bagus Yoga Adi Putra alias Gus Yoga (putra dari almarhum IB Putu Sukarta), sundul De Gadjah jadi Ketua DPC Gerindra Denpasar.

Selain De Gadjah, 4 mantan politisi Golkar yang baru bergabung juga dikukukan jadi pengurus DPD Gerindra Bali. Mereka adalah I Wayan Muntra (mantan Ketua Bakum HAM DPD I Golkar Bali yang dikukuhkan jadi Sekretaris DPD Gerindra Bali), Kusnandar (jadi Wakil Sekretaris DPD Gerindra Bali), AA Nanik Suryani (dikukuhkan sebagai Wakil Ketua DPD Gerindra Bali), I Gusti Ngurah Agung Buminatha (se-bagai Wakil Ketua DPD Gerindra Bali), dan Made Mastra Arjawa (se-bagai Wakil Ketua DPD Gerindra Bali).

Sementara itu, para Ketua DPC Gerindra Kabupaten/Kota se-Bali kompak menyatakan siap membesarkan partainya, dengan kerja keras di bawah komando De Gadjah. Ketua DPC Gerindra Denpasar, Ida Bagus Yoga Adi Putra, mengatakan berbagai program organisasi sudah disiapkan menggerakkan mesin partai, kolaborasi DPC dan DPD.

"Gerindra Denpasar bersama DPD Gerindra Bali di bawah kepemimpinan Pak De Gadjah akan segera turun ke masyarakat, trutama mewujudkan bantuan sosial di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya, bantuan untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) yang terdampak pandemi,” ujar Gus Yoga saat dikonfirmasi terpisah, Kamis kemarin.

Sedangkan Ketua DPC Gerindra Badung, I Wayan Disel Astawa, mengatakan De Gadjah bisa meneruskan tradisi kepemimpinan Gus Sukarta yang merangkul seluruh elemen partai, dengan menganut filosofi ‘persatuan adalah kekuatan’. "Ya, merangkul seluruh kekuatan dan komponen partai. Kalaupun kemarin ada sedikit persaingan kandidat calon Ketua DPD, itu biarkan sudah berlalu. Saya harap semua elemen kader dirangkul," ujar Disel Astawa yang juga Wakil Ketua Komisi IV DPRD Bali.

Disel Astawa mengatakan siap bahu membahu dengan DPD Gerindra Bali untuk mewujudkan target DPP Gerindra kembalikan kursi DPR RI Dapil Bali dan menambah kursi DPRD Bali serta DPRD Kabupaten/Kota se-Bali. "Memang itu perlu perjuangan dan kerja keras. Tetapi, kalau optimis dan kompak, bukan hal mustahil bisa kita wujudkan target DPP," ujar politisi yang juga Bendesa Adat Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung ini.

Sementara, Ketua DPC Gerindra Karangasem, I Nyoman Suyasa, menatakan yakin di bawah kepemimpinan De Gadjah, Gerindra akan mensejajarkan diri dengan partai papan atas lainnya di Bali. "Kami di Karangasem pun akan kerja keras menambah kursi DPRD Bali Dapil Karangasem dari semula 1 kursi menjadi 2 kursi di Pileg 2024," ujar politisi asal Desa Perasi, Kecamatan Karangasem yang juga Wakil Ketua DPRD Bali dari Fraksi Gerindra ini. *nat

Komentar