nusabali

Siswi SDN 1 Takmung Wakili Bali Lomba Bertutur Tingkat Nasional

  • www.nusabali.com-siswi-sdn-1-takmung-wakili-bali-lomba-bertutur-tingkat-nasional

SEMARAPURA, NusaBali
Seorang siswi kelas V SDN 1 Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Made Anggun Eza Putri,10, berhasil lolos ke tingkat nasional dalam Lomba Bertutur (bercerita) SD tahun 2021.

Lomba yang digelar secara online atau dalam jaringan (daring) tingkat nasional tersebut akan digelar 6 - 10 September 2021, dibagi 3 gelombang. Siswi kelahiran 21 Maret 2011 ini terpilih menjadi duta Provinsi Bali setelah sukses meraih Juara 1 Lomba Bertutur tingkat Provinsi Bali. Dia membawakan cerita I Ceker Cipak. Cerita tersebut mengandung pesan moral seorang yang rajin dan tekun menjalankan perintah agama akan mendapat imbalan berlipat ganda dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Sebaliknya, orang yang suka mengambil hak milik orang lain, akan mendapat balasan yang setimpal.

Sebelum berlaga ke tingkat nasional, Eza Putri menemui Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, di ruang kerjanya, Kamis (26/8) pagi. Dia didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Klungkung I Komang Wisnuadi, Kepala SDN 1 Takmung I Nyoman Mudarta, guru pembina I Dewa Gede Sudharmanta.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memberikan dukungan kepada Eza Putri. Bupati asal Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung ini menguji mental Eza Putri untuk tampil langsung bertutur tentang I Ceker Cipak.

Eza Putri pun begitu lihai menceritakan kisah tersebut dengan berbagai ekspresi sesuai pemeran tokoh yang digambarkan. Penampilan Eza Putri pun mendapat apresiasi dari Bupati Suwirta, termasuk dari masyarakat karena saat pentas disiarkan langsung oleh Bupati Suwirta di halaman facebooknya (fanspage).

Bupati Suwirta menyampaikan sesungguhnya ada dampak positif yang bisa diambil dari bertutur (bercerita). Apabila anak-anak yang suka mendengarkan cerita tersebut, bisa memetik makna yang terkandung dari cerita tersebut. Sehingga kedepan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. “Mari ingat pada zaman dahulu, ketika kita semua diceritakan tentang cerita rakyat oleh orang tua kita, melalui cerita tersebut, dapat membentuk karakter kita, perilaku datangnya dari cerita yang kita dengarkan," ujar Bupati Suwirta.   

Bupati Suwirta juga berpesan kepada para guru di Kabupaten Klungkung, supaya dapat menggali bakat anak didiknya. Kepada Eza Putri Bupati berpesan supaya dapat berlatih dengan baik dan tetap mengikuti arahan pembina dan masukan pendampingan Dinas kearsipan dan Perpustakaan. “Saya mendoakan agar Esa Putri dapat mejadi juara 1 Lomba Bertutur tingkat nasional,” ujar Bupati Suwirta.

Eza Putri mengaku suka baik bercerita maupun mendengarkan cerita-cerita yang menginspirasi. "Saya akan terus latihan dengan serius," kata Eza Putri, sembari menyebut saat lomba di tingkat nasional juga akan membawakan cerita I Ceker Cipak.

Kepala SDN 1 Takmung  I Nyoman Mudarta menyampaikan rasa syukur dan apresiasi atas kerja keras guru kelas I Dewa Gede Sudharmanta selaku guru pembina. Masukan dan pendampingan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung sehingga apa yang diharapkan bisa tercapai. "Kami juga berterimakasih kepada Bapak Bupati atas motivasinya," kata Mudarta. *wan

Komentar