nusabali

Disdikpora Matangkan Persiapan ANBK

  • www.nusabali.com-disdikpora-matangkan-persiapan-anbk

SINGARAJA, NusaBali
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng saat ini tengah mematangkan persiapan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Penilaian mutu pendidikan dan mutu sekolah di jenjang pendidikan sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) akan dilangsungkan pada September mendatang. ANBK ditargetkan dapat mendorong guru mampu mengembangkan kompetensi kognitif yang mendasar sekaligus karakter siswa secara utuh.

Kadisdikpora Buleleng Made Astika mengatakan persiapan yang dimatangkan adalah koneksi jaringan yang belum terhubung dengan baik. Menurutnya ANBK akan dilaksanakan secara online, melibatkan seluruh civitas akademika. Mulai dari siswa, guru, kepala sekolah, dan pegawai di masing-masing satuan pendidikan. Namun yang akan mengikuti jumlahnya hanya sampling dan ditentukan langsung dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud-Ristek.

“Tidak semua ikut tes, hanya sampling saja. Khusus siswa SMP diikuti oleh murid kelas VIII dan SD siswa kelas V. Kami sudah lakukan simulasi tinggal pemantapan persiapan saja, karena akan dilakukan dengan berbasis komputer secara online,” jelas Astika, Rabu (25/8).

Meskipun demikian dia menegaskan seluruh satuan pendidikan tidak perlu menyiapkan diri secara khusus untuk mengikuti ANBK ini. Hal tersebut karena tujuan ANBK adalah untuk mengetahui mutu dan kualitas pendidikan di satuan pendidikan. Sehingga ketika ada hasil tes yang dirilis kementerian, akan diketahui kekurangan dan kelemahan pendidikan di masing-masing satuan pendidikan.

“ANBK ini untuk pemetaan pendidikan. Tidak ada efeknya kepada murid, guru, dan kasek. Jadi tidak perlu ada persiapan khusus,” tegas Astika.

Peserta ANBK yang nanti terpilih hanya perlu menjawab soal yang ada. Menurut Astika ada tiga indikator yang akan dipetakan dalam ANBK. Yakni pengukuran kemampuan literasi dan numerisasi hasil belajar kognitif, survei karakter untuk pengukuran sikap dan kebiasaan serta survei lingkungan belajar untuk mengukur iklim sekolah yang menunjang pembelajaran.

Hasil ANBK nanti akan dipakai acuan untuk perbaikan dan peningkatan hal-hal yang masih dinilai kurang. Termasuk pemilihan metode pembelajaran yang tepat oleh guru untuk memaksimalkan indikator yang dipetakan. *k23

Komentar