nusabali

Putra Gus Sukarta Sundul De Gadjah Jadi Ketua DPC

  • www.nusabali.com-putra-gus-sukarta-sundul-de-gadjah-jadi-ketua-dpc

DENPASAR, NusaBali
Naiknya Made Muliawan Arya alias De Gadjah sebagai Ketua DPD Gerindra Bali, Rabu (25/8), untuk menggantikan IB Putu Sukarta alias Gus Sukarta yang meninggal dunia, diikuti dengan perombakan struktur kememimpinan DPC Gerindra Kota Denpasar.

Uniknya, yang ditunjuk menggantikan De Gadjah sebagai Ketua DPC Gerindra Denpasar adalah putra almarhum Gus Sukarta, Ida Bagus Yoga Adi Putra, 29.

Surat Keputsuan (SK) Ketua DPC Gerindra Denpasar untuk Ida Bagus Yuga Adi alias Gus Yoga telah diserahkan Wakil Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (OKK) DPP Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, dalam seremoni di Restoran Sector Bar, kawasan Inna The Grand Bali Beach Hotel Sanur, Denpasar Selatan, Rabu (25/8) siang. Momennya bersamaan dengan penyerahan SK Ketua DPD Gerindra Bali untuk De Gadjah dan Sekretaris DPD Gerindra Bali untuk I Wayan Muntra (kader Golkar yang baru bergabung).

Gus Yoga adalah politisi muda Gerindra asal Geriya Buruan, Desa Adat Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan. Sebelumnya, putra almarhum Gus Sukarta ini duduk sebagai Wakil Ketua Bidang Agama Hindu DPP Gerindra. Kader milineal ini sempat maju tarung sebagai caleg DPRD Denpasar dari Gerindra Dapil Denpasar Selatan dalam Pileg 2019, namun gagal lolos.

Gus Yoga kini sandang predikat sebagai Ketua DPC Gerindra termuda di Bali. Usianya baru genap 29 tahun pada 7 April 2021 lalu. Gus Yoga selaku Ketua DPC Gerindra Denpasar yang baru, dibebani target khusus oleh DPP Gerindra. Pertama, merebut kembali kursi DPRD Bali Dapil Denpasar.

Sebelumnya, Gerindra berhasil meloloskan almarhum Jro Gde Komang Suwastika alias Mang Jangol ke kursi DPRD Bali Dapil Denpasar dalam Pileg 2014. Namun, kursi tersebut hilang saat Pileg 2019, di mana Gerindra gagal meloloskan satu pun kadernya ke DPRD Bali Dapil Denpasar.

Target kedua yang dibebankan DPP Gerindra dan harus diwujudkan Gus Yoga adalah menambah perolehan kursi Gerindra di DPRD Denpasar dalam Pileg 2024 mendatang. Saat ini, Gerindra hanya berkekuatan 4 kursi di DPRD Denpasar hasil Pileg 2019. Nah, dalam Pileg 2024 nanti, Gerindra ditarget tambah jadi 6 kursi DPRD Denpasar 2024-2029. Siapkah?

Ditemui seusai terima SK DPP Gerindra sebagai Ketua DPC Gerindra Denpasar, Rabu kemarin, Gus Yoga mengatakan dirinya harus kerja keras bersama seluruh kader dan pengurus untuk wujudkan target merebut kembali kursi DPRD Bali Dapil Denpasar. "Target kita yang utama merebut kursi DPRD Bali yang hilang di Pileg 2019. Mudah-mudahan, dengan kerja keras kader, kursi itu bisa kita rebut di Pileg 2024,” tandas Gus Yoga.

Politisi kuda kelahiran 7 April 1992 ini menyebutkan, target politik di Pileg 2024 mendatang bukanlah muluk-muluk. Sepanjang kader mau bekerja keras dan punya motivasi tinggi, bukan mustahil target politik 2024 tersebut bisa diwujudkan. "Kami optimistis. Untuk itu, kita harus menjaga soliditas dan kerja keras mulai sekarang," katanya.

Gus Yoga sendiri juga berkomitmen menggerakkan potensi kader untuk menarik simpati masyarakat, khususnya kaum milenial bergerak bersama Gerindra. "Karena pada 2024 mendatang, generasi milienal akan berperan banyak di segala bidang urusan sosial kemasyarakatan. Intinya, sesuai arahan DPP Gerindra, kami harus lebih unggul dan lebih maju dari capaian sebelumnya," terang putra dari pasangan IB Putu Sukarta (almarhum) dan Ida Ayu Kalpikawati ini.

Gus Yoga menegaskan, di bawah kepemimpinannya, DPC Gerindra Denpasar bersama jajaran Fraksi Gerindra DPRD Denpasar akan menyusun program kerja untuk bergerak demi kepentingan masyarakat di tengah pandemi Covid-19. "Sesuai instruksi DPP Gerindra, kami harus kerja keras, bergerak bersama, terutama melaksanakan program-program kemasyarakatan, membantu rakyat di masa pandemi Covid-19 ini," tegas Gus Yoga. *nat

Komentar