nusabali

Akreditasi 310 Satuan Pendidikan Masuk Tahap Akhir

  • www.nusabali.com-akreditasi-310-satuan-pendidikan-masuk-tahap-akhir

AMLAPURA, NusaBali
Akreditasi 310 satuan pendidikan di Bali memasuki tahap akhir. Selanjutnya menggelar tahapan validasi dan verifikasi dari tanggal 2-4 September.

Berkas dikirim ke pusat. Ketua BAN PAUD dan PNF (Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal) Provinsi Bali, Drs I Made Ardana Putra MSi mengatakan, pusat akan memberikan penilaian sesuai berkas yang dikirim. Berkas berisi laporan delapan standar pendidikan.

Sebanyak 310 satuan pendidikan yang diakreditasi dari 425 satuan pendidikan yang diusulkan terdiri dari PAUD, PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat), dan LKP (lembaga ketrampilan pendidikan). Asesor yang bertugas mengakreditasi awalnya sebanyak 83 asesor, setelah tahapan akreditasi berjalan, sebanyak 21 asesor dicoret karena berbagai kendala. Ada yang berhalangan, ada yang tidak aktif, dan kendala lainnya. “Hanya bertahan 62 asesor,” ungkap Ardana Putra di Amlapura, Selasa (24/8).

Ardana Putra mengatakan, selama akreditasi sering terkendala internet. “Ada beberapa satuan pendidikan kurang optimal menyampaikan laporannya, mesti mencari lokasi yang ada akses internetnya. Tetapi akreditasi bisa tuntas saat hari itu juga,” ungkap pejabat dari Banjar Pesangkan, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Karangasem ini. Di Karangasem, ada 45 satuan pendidikan yang diakreditasi, sebanyak 42 PAUD dan 3 PKBM.

Kabid PAUD dan PNF Disdikpora Karangasem, I Nyoman Adil, mengungkapkan akreditasi diatur BAN PAUD dan PNF Provinsi Bali secara daring (dalam jaringan). Asesor dari Karangasem telah dinyatakan lulus PUKA (pelatihan uji kompetensi asesor) yang telah bertugas. Karangasem meloloskan 7 asesor hasil PUKA (pelatihan uji kompetensi asesor). “Asesor bertugas lintas kabupaten. Mereka tidak perlu datang ke lembaga pendidikan karena visitasi dan akreditasi secara daring,” ungkap Nyoman Adil.

Asesor I Dewa Ayu Anom Pratiwi mengaku telah tuntas menjalankan tahapan akreditasi visitasi. “Visitasi lewat zoom, ada sesi wawancaranya. Kami telah melakukan visitasi di 10 satuan pendidikan di Tabanan, satu hari tuntas satu satuan pendidikan,” jelas Kasek TK Negeri Pembina Karangasem itu. Selanjutnya menuntaskan tahapan akreditasi terakhir yakni validasi dan verifikasi. *k16

Komentar