nusabali

301 Nakes Belum Vaksinasi Dosis Ketiga

  • www.nusabali.com-301-nakes-belum-vaksinasi-dosis-ketiga

Nakes yang akan mengikuti vaksinasi juga harus melengkapi diri dengan pakta integritas, yang menyatakan memang benar bekerja sebagai nakes.

MANGUPURA, NusaBali

Program vaksinasi ketiga untuk tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Badung masih belum tuntas. Padahal ditargetkan tuntas dalam sepekan. Ada sekitar 301 nakes yang belum tervaksinasi ketiga. Namun demikian, dari 5.533 nakes di Badung, sebanyak 94,6 persen sudah tervaksin jenis moderna tersebut.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Badung I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra, mengakui jika masih ada nakes yang belum vaksinasi dosis ketiga. Hal ini untuk mengantisipasi Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI) dari vaksin jenis Moderna. “Kalau divaksin serempak, khawatir mereka (nakes) tidak bisa kerja. Kalau tidak bisa kerja pastinya menimbulkan masalah di pelayanan kesehatan,” katanya, Senin (23/8).

Meski demikian, kata mantan Camat Mengwi ini, jika dilihat dari persentase capaian vaksinasi hingga 22 Agustus 2021 telah mencapai 94,6 persen. “Total secara keseluruhan nakes di Badung 5.533 orang, yang sudah divaksin hingga saat ini sudah 94,6 persen,” kata Jaya Saputra.

Jaya Saputra yang juga Kadis Kominfo Badung ini menambahkan, nakes yang akan mengikuti vaksinasi juga harus melengkapi diri dengan pakta integritas, yang menyatakan bahwa yang bersangkutan memang benar bekerja sebagai nakes. “Pakta integritas ini untuk memastikan bahwa benar nakes yang akan menerima vaksin bekerja di fasilitas kesehatan,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung dr Nyoman Gunarta, mengatakan nakes yang mendapat vaksinasi tahap ketiga adalah mereka yang sudah dapat injeksi Sinovac dua kali, sehingga semua nakes itu pun akan diberikan vaksinasi dosis ketiga.

Mantan Dirut RSD Mangusada itu menjelaskan pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan secara bergilir, sehingga tidak menimbulkan kerumunan. Badung mendapat jatah 480 vial vaksin moderna, sehingga dipastikan semua nakes bisa menjalankan vaksin.

Sebelumnya, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mendukung penuh vaknasi dosis ketiga untuk para nakes. “Saya sudah berprinsip dari awal nakes itu garda terdepan kami untuk melaksanakan tugas penangan pandemi,” katanya. *ind

Komentar