nusabali

60 Persen Warga Isoman Sudah Dipindahkan

  • www.nusabali.com-60-persen-warga-isoman-sudah-dipindahkan

MANGUPURA, NusaBali
Proses pemindahan warga terkonfirmasi positif Covid-19 dari isolasi mandiri (isoman) ke tempat isolasi terpusat (isoter) terus dilakukan.

Menurut informasi sudah sekitar 60 persen warga yang sebelumnya menjalani isoman telah dipindahkan ke tempat isoter. Berdasarkan data dari Satgas Penanganan Covid-19 Badung, secara kumulatif warga positif Covid-19 yang masih menjalani perawatan sebanyak 1.680 orang. Perinciannya dirawat di faskes/atau rumah sakit sebanyak 411 orang, karantina terpusat di tempat isoter sebanyak 682 orang, dan menjalani karantina mandiri atau isolasi mandiri (isoman) sebanyak 587 orang (hingga pukul 18.00 Wita).

“Jadi sekitar 60 persen pasien isoman di Badung telah dipindahkan ke tempat isoter, yaitu di Wiswa Bima 1 dan 2 di Kuta, Balai Diklat di Desa Gulingan, Bakung Beach Hotel di Kuta, Hotel Made Bali di Mengwi, Fashion Hotel di Kuta, Bangkung Sari Hotel di Kuta, dan Urban Hits Hotel di Kuta,” kata Kasatpol PP Badung I Gusti Agung Ketut Suryanegara, Minggu (22/8).

Mengingat tempat yang terbanyak, sehingga masih banyak warga yang menjalani isoman belum dipindahkan ke tempat isoter. “Iya, sisanya belum bisa dipindahkan, karena terkendala ketersediaan tempat Isoter,” kata Suryanegara.

Selain terkendala tempat, kendala lain yang ditemui tim di lapangan, sejumlah warga mengeluhkan apabila harus pindah ke tempat isoter, terlebih warga yang memiliki hewan ternak. “Jika dibawa untuk menjalani isoter, mereka khawatir peliharaan maupun perkebunannya akan terbengkalai. Ini yang kami temui di lapangan,” kata Suryanegara.

“Ada juga orang tua yang minta mendampingi anaknya, setelah dinyatakan terkonfirmasi positif, namun tidak mengalami gejala,” imbuh Suryanegara.

Mantan Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Badung itu berharap agar penambahan tempat isoter bisa terus dilakukan, sehingga warga yang masih menjalani isoman bisa segera dipindahkan ke isoter. Penambahan itu diharapkan agar bisa dialokasikan di wilayah Badung Utara, sebab angka kasus terkonfirmasi di wilayah Badung Utara dengan Badung Selatan kini relatif berimbang. Sementara di kawasan Badung Utara hanya ada 2 tempat isoter, yaitu Hotel Made Bali dan Balai Diklat Desa Gulingan.

“Mayoritas tempat isoter ada di wilayah Badung Selatan. Jadi warga di Badung Utara yang tidak tertampung di dua tempat itu kita bawa ke isoter Badung Selatan. Jika kita bawa warga itu dari Badung Utara ke Badung Selatan, tentu relatif jauh jaraknya,” kata Suryanegara.

Sementara untuk diketahui, dalam sehari kemarin tercatat ada penambahan sebanyak 81 kasus positif Covid-19. Angka kesembuhan sebanyak 174 orang, dan meninggal 5 orang. Sejauh ini kasus terbanyak berasal dari Kecamatan Mengwi, sedangkan yang paling sedikit di Kecamatan Petang. *dar, asa

Komentar