nusabali

Dahan Pohon Terseret Truk, Timpa Mobil dan Motor

  • www.nusabali.com-dahan-pohon-terseret-truk-timpa-mobil-dan-motor

Bak atas truk tersangkut pohon perindang hingga patah, kemudian menimpa pick up di belakangnya dan satu unit motor yang sedang parkir. Pihak yang terlibat kecelakaan sepakat menyelesaikan secara damai.

SEMARAPURA, NusaBali

Kecelakaan lalu lintas terjadi di jalan raya Desa Tojan, Kecamatan Klungkung, Sabtu (21/8) siang. Kecelakaan ini dipicu satu unit truk Mitsubishi Fuso menyeret sebatang dahan pohon perindang hingga patah dan jatuh ke badan jalan. Dahan pohon itu langsung menimpa satu unit mobil pick up yang melintas, kemudian dahan tersebut menimpa satu unit sepeda motor yang diparkir. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, pengemudi mobil pick up hanya mengalami shock.

Informasi yang dihimpun, kecelakaan ini bermula saat truk Mitsubishi Fuso D 9701 AH yang dikemudikan oleh Hendry Herdian Sukarno, 25, asal Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat, melaju di jalan Desa Tojan, Kecamatan Klungkung, dari arah Utara ke Selatan sekitar pukul 11.30 Wita.

Saat melaju, bak bagian atas truk tersangkut pohon perindang jenis Trembesi di pinggir jalan. Kemudian, dahan pohon perindang tersebut patah dan menimpa mobil pick up di belakangnya yakni Mitsubishi L300 nopol DK 8188 MB, yang dikemudikan oleh I Komang Agus Setiawan, 24, warga Banjar Dinas Pesaban Kangin, Desa Pesaban, Kecamatan Rendang, Karangasem.

Akibatnya, mobil pick up tersebut langsung mengalami rusak pada bagian atasnya dan kacanya pecah. Sedangkan korban Agus Setiawan berhasil selamat namun kondisinya shock.

Tak hanya itu, dahan pohon tersebut juga menimpa sepeda motor Honda Beat nopol DK 4144 ADA, yang tengah parkir di pinggir jalan. Sepeda motor itu dikendarai oleh I Gede Juni Antara, 29, warga Banjar Dinas Karanganyar, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Karangasem. Korban juga selamat dan mengalami kerugian material karena sepeda motornya tertimpa dahan pohon.

Di satu sisi kecelakaan ini juga menyebabkan satu mobil pick up dari arah berlawanan yang melaju di dekat TKP jatuh ke sawah. Pasalnya, untuk menghindari kemacetan akibat jalan tertutup dahan pohon, pengemudi yang bersangkutan balik arah, namun karena kurang hati-hati malah nyemplung ke sawah. Kejadian ini juga tidak menimbulkan korban jiwa. Mobil pick up langsung dievakuasi kembali ke badan jalan yang dibantu petugas kepolisian.

Kanit Laka Sat Lantas Polres Klungkung Ipda Ida Bagus Ketut Wardana, mengatakan kejadian ini sudah diselesaikan secara damai oleh pihak-pihak yang bersangkutan. Dalam kasus ini masing-masing kendaraan tidak ada saling kecelakaan satu sama lain, namun kejadian dipicu oleh dahan pohon tumbang yang tersangkut di bagian atas truk.

Kesimpulan dari kecelakaan ini karena faktor kelalaian pengemudi truk D 9701 AH kurang hati-hati dan tidak memperhatikan situasi jalan di depannya sehingga mengakibatkan kecelakaan. “Kasus ini sudah diselesaikan oleh yang bersangkutan secara damai, dan pengemudi truk siap ganti rugi material,” ujar Ipda Ardana.

Sementara itu, mengenai kecelakaan mobil pick up yang jatuh ke sawah tersebut tidak ada kaitannya dengan kejadian ini. Di mana pengemudi yang bersangkutan tengah berbalik arah karena melihat ada kemacetan di depannya. Karena kurang hati-hati mengakibatkan jatuh. “Mobil itu sudah dievakuasi dan pengemudinya selamat,” imbuh Ipda Ardana.

Selain petugas Sat Lantas, petugas BPBD Klungkung juga turun untuk membersihkan dahan pohon tersebut. Tim BPBD mengerahkan 5 unit gergaji mesin untuk mengevakuasi dahan pohon. “Sudah tertangani dan akses jalan kembali normal,” kata Kepala Pelaksana BPBD Klungkung I Putu Widiada. *wan

Komentar