nusabali

Bupati Suwirta Evaluasi Proyek di Nusa Penida

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-evaluasi-proyek-di-nusa-penida

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama tim menggelar monitoring dan evaluasi (monev) sejumlah proyek fisik di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Jumat (20/8).

Dalam monev, Bupati Suwirta mendapati ada sejumlah proyek telah rampung dan ada juga beberapa proyek masih pengerjaan.

"Saya turun bersama tim monev untuk memastikan pekerjaan fisik berjalan dengan baik sesuai rencana," ujar Bupati Suwirta. Monev diawali di Pelabuhan Kapal Roro (roll on-roll off) Nusa Jaya Abadi, Desa Kutampi. Di tempat ini tengah dilakukan perbaikan pada jembatan  Pelabuhan Roro senilai Rp 6,69 miliar dari DAK. Pekerjaannya sedang dilakukan di workshop PT Haffi Indonesia, Tangerang, dengan progres 28.8 persen.

Bupati Suwirta berpesan supaya konsultan pengawas yang ditugaskan di Tangerang memantau pekerjaan dengan baik. Demikian juga setelah perangkat datang dari Tangerang, sebelum dirakit agar diperiksa dengan rinci. "Sehingga hasilnya sesuai perencanaan," ujar Bupati Suwirta.

Selanjutnya monev pengembangan jaringan distribusi dan sambungan rumah di Desa Batumadeg, dengan pelaksana  PT Ananda Bangun Nusa senilai Rp 226.503.083 yang sudah berjalan 74,5 persen.

Bupati Suwirta menugaskan agar perbekel mempercepat pengadaan pompa yang rusak. Sehingga seluruh masyarakat Desa Batumadeg yang berjumlah sekitar 600 KK bisa dilayani dengan Pamsimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) yang dikelola oleh BUMDes. "Saya tugaskan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Klungkung, untuk mengkaji optimalisasi mata air Temeling. Jangan sampai sumber air banyak, namun warga tidak menikmati air bersih," ujar Bupati Suwirta.

Rombongan monev selanjutnya menuju pekerjaan fisik yang telah rampung. Di antaranya, pemeliharaan Jalan Caruban - Sekartaji bernilai Rp 2.799.980.000, Pembangunan/Peningkatan Jalan Sekartaji-Jalam Sedihing senilai Rp  4.735.858.000, dan pemeliharaan berkala Jalan Tanglad-Jalan Wates senilai Rp 3.893.895.000.

Saat melintasi Jalan Sekartaji-Caruban, Bupati Suwirta bersama Ny Ayu Suwirta menyempatkan  menikmati indahnya pemandangan alam lembah perbukitan serta jalanan yang berkelok dan telah diaspal coolmix. "Yuk kita foto foto, keren sekali jalan mulus berkelok kelok dengan latar belakang bukit bukit indah," ujar Bupati Suwirta.

Kepada Dinas PUPRPKP Klungkung diminta untuk mengawasi dengan baik seluruh jalan yang saat ini dalam masa pemeliharaan. *wan

Komentar