nusabali

47 KK Miskin Dapat Bedah Rumah Rp 2,3 M

  • www.nusabali.com-47-kk-miskin-dapat-bedah-rumah-rp-23-m

GIANYAR, NusaBali
47 kepala keluarga (KK) kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) atau KK miskin di Gianyar,  akan mendapat bantuan bedah rumah tahun 2021.

Total anggaran yang dikucurkan Rp 2,3 miliar lebih dari Dana Insentif Daerah (DID).  Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Gianyar I Gusti Ngurah Swastika, Kamis, (19/8), mengatakan jumlah rumah yang akan dibangun tahun 2021 sebanyak 47 unit. Terbanyak menerima, warga Kecamatan Ubud 15 unit, dan Payangan 11 unit, Gianyar 5 unit, Sukawati, Tegallalang, dan Tampaksiring, masing-masing 3 unit, serta Blahbatuh 2 unit,. "Hanya anggaran untuk dua kecamatan ini, Ubud dan Payangan masuk tander, karena bernilai di atas Rp 200 juta," ujarnya.

Kata Swastika, program ini di Kecamatan Payangan dengan pagu dana Rp 330 Juta, dan di Ubud Rp 550 juta. Satu unit rumah bernilai Rp 55 juta. "Sehingga nilai yang di atas Rp 200 juta harus masuk tender, kalau kecamatan lain kami tidak pakai tender. Karena nilainya di bawah Rp 200 juta, kini tender sedang berlangsung," ujarnya.

Jelas Swastika, DID diberikan oleh pemerintah pusat, total Rp 2,365 miliar. Dia mengklaim, DID ini karena penghargaan atas kinerja Pemkab Gianyar. Terkait gambaran rumah yang akan di terima warga, kata Swastika, luas bangunannya 4 x 6 meter, dengan 2 kamar tidur dan 1 teras. Dengan anggaran Rp 55 juta, tidak bisa sampai proses finishing, seperti pemaaangan lantai keramik. "Ini tidak ada rehab, semua bedah. Rumah yang di bangun sudah siap huni. Hanya saja dengan pagu dana itu,  hanya 1 kamar tidur yang bisa di keramik," ungkapnya. *nvi

Komentar