nusabali

Pindahkan Hidroponik Tak Difungsikan!

  • www.nusabali.com-pindahkan-hidroponik-tak-difungsikan

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memantau langsung program Hidroponik untuk KK miskin di Dusun Payungan, Desa Selat, Kecamatan Klungkung, Rabu (18/8) sore.

Pantauan untuk memastikan apakah program itu sudah dimanfaatkan dengan baik atau tidak.  "Saya mendadak tutun agar mendapatkan data sesungguhnya. Apakah sudah sudah dimanfaatkan dengan baik apa tidak," ujar Bupati Suwirta.

Dari pantuan di lokasi, ada yang berjalan bagus, bahkan Bupati Suwirta sempat panen kangkung dan membelinya. Tetapi ada juga alat hidroponik sudah dibongkar warga, karena mempunyai pekerjaan lain. Melihat kondisi itu, Bupati menugaskan Dinas Ketahanan Pangan Perikanan dan Kelautan Klungkung untuk memindahkan alat tersebut ke KK miskin yang siap mengelola hidroponika dengan baik. "Saya tugaskan pendamping dan perbekel bersama kadus untuk bersama sama memantau. Jangan sampai ada alat ini tidak berfungsi," tegas Bupati Suwirta.

Setidaknya, ada 100 hidroponik yang dibagikan kepada masyarakat kurang mampu di Klungkung. Diharapkan program sederhana ini bermanfaaat dan bisa dijadikan sebagai penghasilan tambahan bahkan penghasilan utama bagi warga kurang mampu.

Kepala Dinas Pertanian Klungkung Ida Bagus Juanida mengatakan tujuan dari program ini yakni untuk memberdayakan KK kurang mampu supaya lebih produktif. Mereka juga agar mampu meningkatkan taraf hidup di masing-masing keluarga. Juanida menegaskan, melalui program ini masyarakat penerima bantuan bisa bangkit dan semangat menekuni hidroponik. *wan

Komentar