nusabali

Badung Mulai Vaksinasi Ibu Hamil

Total Sasaran Sebanyak 1.822 Orang

  • www.nusabali.com-badung-mulai-vaksinasi-ibu-hamil

“Untuk hari pertama kita sasar 100 ibu hamil dan ini akan dilakukan secara bertahap sampai semua ibu hamil di Badung selesai divaksin,” kata Adi Arnawa.

MANGUPURA, NusaBali

Pemerintah Kabupaten Badung mulai melakukan vaksinasi bagi ibu hamil. Vaksinasi pertama ibu hamil dilaksanakan di RSD Mangusada, Kelurahan Kapal, Kecamatan Mengwi, Kamis (19/8). Total sasaran vaksinasi ibu hamil di Badung sebanyak 1.822 orang.

Pelaksanaan vaksinasi ditinjau langsung Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa didampingi Kadis Kesehatan dr I Nyoman Gunarta dan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSD Mangusada dr I Ketut Japa.

Usai meninjau vaksinasi, Adi Arnawa menjelaskan, mulai Kamis kemarin Pemkab Badung telah melaksanakan vaksinasi ibu hamil. Untuk target per hari ada 100 ibu hamil yang disasar. “Untuk hari pertama kita sasar 100 ibu hamil dan ini akan dilakukan secara bertahap sampai semua ibu hamil di Badung selesai divaksin,” kata Adi Arnawa.

Lebih lanjut dikatakan, sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo serta petunjuk dari Menkomarves, Mendagri, dan Menkes saat berkunjung ke Bali, sasaran vaksinasi diprioritaskan bagi yang komorbid dan ibu hamil. Dengan harapan sedikit demi sedikit ada penurunan kasus positif Covid-19 di Bali. “Tentu dukungan semua masyarakat agar tetap menaati protokol kesehatan (prokes),” kata Adi Arnawa.

Sementara menurut dokter kandungan RSD Mangusada, dr Sumardi SpOG, vaksin Moderna yang digunakan dinilai lebih bagus. Namun, efek setelah vaksinasi cukup lama dirasakan, paling tidak 2 x 24 jam ada rasa tidak nyaman. Kata dia, sepanjang tidak mempengaruhi aktivitas sehari-hari, masih dalam kategori aman. “Ibu hamil akan mendapat dua kali vaksin, untuk vaksin kedua dilakukan 28 hari setelah vaksin pertama,” terangnya.

Dijelaskan, ibu hamil akan mendapatkan vaksin pada umur kehamilan 14 minggu sampai 33 minggu. Dengan pemikiran bahwa 14 minggu itu janin dalam kandungan sudah mulai berkembang dengan baik. *ind

Komentar